Tips Obat Gatal-Gatal Seluruh Badan

HomeKesehatan

Tips Obat Gatal-Gatal Seluruh Badan

SuratNews.ID | Rasa gatal yang muncul bisa berlangsung sebentar dan mereda dengan sendirinya. Namun, terkadang keluhan gatal-gatal bisa berlangsung l

Makanan dan Minuman untuk Kesehatan Sendi
6 Manfaat dan kandungan dalam Ikan Tongkol untuk Kesehatan Anda
Asam Lambung Jangan Dibiarkan

SuratNews.ID | Rasa gatal yang muncul bisa berlangsung sebentar dan mereda dengan sendirinya. Namun, terkadang keluhan gatal-gatal bisa berlangsung lebih lama dan terasa cukup berat hingga mengganggu kenyamanan.

Untuk mengatasi gatal-gatal yang parah, Anda bisa menggunakan obat gatal seluruh badan. Penggunaan obat tersebut bermanfaat untuk meredakan gatal sekaligus mencegah luka atau infeksi akibat kulit yang terus digaruk.

Berbagai Penyebab Gatal

Untuk mengatasi gatal-gatal, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui penyebabnya. Ada beragam kondisi yang dapat menyebabkan gatal-gatal, yaitu:

Reaksi alergi, misalnya alergi makanan, debu, dan gigitan serangga, atau akibat paparan bahan kimia, seperti pemakaian kosmetik atau deterjen
Infeksi, misalnya infeksi jamur atau kutu (kudis)
Gangguan kulit, seperti kulit kering, eksim, dermatitis atopik, biduran, biang keringat, dan psoriasis
Gangguan sistem saraf, misalnya multiple sclerosis, saraf terjepit, dan herpes zoster
Penyakit tertentu, seperti penyakit hati, gagal ginjal, diabetes mellitus, anemia defisiensi besi, gangguan tiroid, dan kanker
Kehamilan
Masalah psikologis, seperti stres berat dan depresi
Obat Gatal Seluruh Badan yang Aman
Hal terpenting dalam penanganan gatal-gatal adalah mengetahui dan menghindari pemicunya. Bila gatal disebabkan oleh penyakit tertentu, misalnya diabetes, penanganan gatal-gatal perlu dilakukan dengan mengendalikan kadar gula darah.

Selain itu, beberapa jenis obat gatal-gatal seluruh badan juga dapat Anda gunakan untuk membantu meredakan rasa gatal. Obat ini ada yang bisa dibeli bebas, ada juga yang perlu dibeli dengan resep dokter.

Berikut ini adalah beberapa jenis obat gatal seluruh badan yang sering digunakan untuk mengatasi rasa gatal atau pruritus:

1. Antihistamin
Obat antihistamin bekerja dengan cara menghambat produksi histamin di kulit yang dapat memicu gatal. Histamin adalah zat yang dilepaskan oleh tubuh ketika terjadi reaksi alergi.

Beberapa jenis antihistamin, seperti chlorpheniramine, dapat menyebabkan kantuk sehingga lebih baik dikonsumsi saat malam hari. Namun, ada juga antihistamin yang berisiko lebih rendah untuk menyebabkan kantuk, misalnya loratadine atau cetirizine.

Untuk menentukan jenis antihistamin mana yang tepat digunakan, Anda perlu berkonsultasi dulu dengan dokter.

2. Kortikosteroid
Obat kortikosteroid dapat digunakan sebagai obat gatal-gatal seluruh badan yang disebabkan oleh peradangan. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet minum dan obat oles, seperti salep atau krim hydrocortisone. Obat kortikosteroid biasanya digunakan untuk mengatasi peradangan dan gatal-gatal akibat gigitan serangga, eksim, dermatitis, atau alergi.

3. Obat oles nonsteroid
Obat ini tersedia dalam bentuk krim, losion, gel, bedak, dan bisa Anda dapatkan secara bebas tanpa resep dokter. Beberapa contoh obat oles nonsteroid yang dapat mengatasi gatal adalah losion calamine, krim yang mengandung mentol dan capsaicin, atau salep pramoxine.

4. Antidepresan
Antidepresan golongan selective serotonine reuptake inhibitor (SSRI), seperti sertraline atau fluoxetine, juga dapat mengurangi berbagai jenis gatal pada kulit. Biasanya obat ini digunakan untuk mengatasi gatal akibat kelainan saraf atau masalah psikologis, serta gatal-gatal yang tidak membaik dengan pengobatan lain.

Meski demikian, obat gatal-gatal seluruh badan yang satu ini hanya bisa diperoleh melalui resep dokter dan penggunaannya pun harus dalam pengawasan dokter.

5. Antibiotik
Jika Anda sering menggaruk bagian tubuh yang gatal hingga menyebabkan kerusakan kulit, kulit bernanah, atau muncul bisul akibat infeksi, maka infeksi kulit tersebut perlu diobati dengan obat antibiotik sesuai resep dokter.

6. Obat herba
Selain obat medis, ada pula obat herba yang dipercaya dapat mengurangi gatal-gatal. Contohnya, minyak esensial daun mint untuk mengatasi rasa gatal akibat gigitan serangga, diabetes, atau penyakit ginjal.

Selain itu, minyak esensial lain yang mengandung ekstrak bunga chamomile, lavender, lidah buaya, dan tea tree oil juga dapat digunakan untuk mengatasi keluhan gatal.

Meski demikian, efektivitas obat-obatan herba dalam mengatasi gatal belum dapat dipastikan. Jika Anda tidak mengalami perbaikan gejala atau gatal-gatal justru semakin parah ketika menggunakan obat herba, sebaiknya hentikan pemakaiannya dan konsultasikan ke dokter kulit.

Beberapa Pilihan Lain untuk Mengatasi Gatal-Gatal
Selain penggunaan obat gatal seluruh badan, Anda juga bisa meredakan gatal-gatal di rumah dengan beberapa cara berikut ini:

Tidak menggaruk area yang gatal, karena dapat menyebabkan luka dan infeksi, serta menghambat proses penyembuhan pada kulit
Menggunakan pelembap untuk mencegah kulit kering
Menghindari kebiasaan mandi terlalu lama (tidak lebih dari 5 menit) atau mandi air panas
Menghindari pemicu gatal bila Anda telah mengetahui apa yang menyebabkan gatal, misalnya sabun, deterjen, parfum, stres, atau suhu panas
Memberikan kompres dingin pada area yang terasa gatal
Gatal yang ringan biasanya bisa mereda sendiri tanpa diobati. Anda perlu berkonsultasi ke dokter kulit jika gatal-gatal terasa sangat parah dan mengganggu aktivitas, berlangsung hingga lebih dari 2 minggu, serta tidak membaik dengan perawatan di rumah.

Sebelum meresepkan obat, dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk menentukan penyebab gatal-gatal yang Anda rasakan. Setelah penyebabnya diketahui, dokter baru dapat meresepkan obat gatal-gatal seluruh badan yang sesuai.

Ditinjau oleh: dr. Kevin Adrian
Sumber : alodokter.com

dedi wahyu
Author: dedi wahyu

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: