Kesehatan Tips Bermain Gawai Agar Tak Merusak Mata

Tips Bermain Gawai Agar Tak Merusak Mata

-

- Advertisment -

SuratNews.ID | Gawai atau gadget seakan sudah menjelma menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat zaman sekarang. Seringkali, bahkan tanpa disadari, Anda sudah menggunakan gawai selama lebih dari 4 jam dalam sehari, atau mungkin lebih lama lagi dari itu.

Untuk menghadapi hal itu, Anda dituntut untuk terus waspada dan berhati-hati. Pasalnya, penggunaan gadget secara berlebihan berhubungan erat dengan kerusakan mata atau penglihatan.

Oleh sebab itu, ketahui bahaya, tips, serta mencegah kesehatan mata rusak akibat main gadget lewat uraian berikut ini.

Bahaya Pengaruh Gawai Bagi Kesehatan Mata
Ilustrasi Bahaya Pengaruh Gawai Bagi Kesehatan Mata
Ilustrasi Bahaya Pengaruh Gawai Bagi Kesehatan Mata
Perlu diketahui, kebiasaan menggunakan gawai dalam waktu lama dapat menimbulkan pengaruh buruk terhadap kesehatan mata. Berikut adalah bahaya kesehatan yang dapat merusak kesehatan mata akibat pakai gadget terlalu sering.

1. Sindrom Mata Kering
Sindrom mata kering menujukkan adanya gangguan pada sistem produksi maupun distribusi air mata. Di mana gangguan ini bisa disebabkan oleh berbagai macam penyakit (multifaktorial).

Kondisi mata kering juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata dan menyebabkan pandangan menjadi buram.

Jika dibiarkan, mata kering bisa berujung pada kerusakan lapisan kornea mata secara permanen.

Keluhan atau gejala yang sering terjadi pada kasus mata kering adalah sebagai berikut:

Rasa perih dan kekeringan pada mata.
Terasa seperti ada benda asing atau sensasi permukaan mata berpasir.
Mata merah.
Sering berair.
Iritasi mata.
Mata silau.
Penglihatan sedikit terganggu.
Penggunaan gadget secara berlebihan diketahui berkaitan dengan sindrom mata kering akibat frekuensi berkedip yang otomatis berkurang.

Padahal, kedipan mata sangat berperan dalam menyebarkan air mata yang diproduksi oleh kelenjar di mata dan untuk membasahi permukaan mata.

Artikel Lainnya: Faktor Risiko Penyebab Saraf Mata Lepas

2. Rabun Jauh (miopia)
Miopia atau rabun jauh, merupakan kondisi penglihatan yang buram saat melihat benda-benda yang berjarak jauh. Meski begitu, mata tetap mampu melihat jelas benda yang berada di jarak dekat.

Beberapa penelitian terbaru menemukan, aktivitas melihat jarak dekat yang berlebihan (extensive near work), menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rabun jauh.

Keadaan tersebut seringkali disebabkan karena penggunaan handphone atau gadget. Di mana Anda beraktivitas melihat layar gawai dengan jarak cukup dekat dan dalam waktu lama.

3. Mata lelah
Saat mata terasa lelah, tegang, serta pandangan menjadi kabur setelah bekerja dalam waktu yang lama, maka kemungkinan besar Anda sedang mengalami astenopia.

Astenopia atau eye strain adalah kondisi yang terjadi ketika mata mengalami kelelahan setelah beraktivitas secara berlebihan. Melihat gadget terlalu lama juga sering dikaitkan dengan terjadinya kondisi ini.

4. Degenerasi sel retina (Age Related Macular Degeneration)
Penelitian terbaru mengaitkan risiko penyakit kerusakan sel retina (ARMD) bisa muncul dengan cepat akibat menggunakan gawai secara berlebihan.

Kondisi tersebut disebabkan oleh sinar biru yang dipancarkan oleh layar gadget, yang ketika diteliti secara in vitro, ternyata dapat merusak sel-sel makula yang ada di retina.

Meski masih butuh penelitian lanjutan, hasil studi tersebut semestinya harus diwaspadai dan dihindari risikonya.

Tips Mencegah Kerusakan Mata Saat Main Gadget
Ilustrasi Mencegah Kerusakan Mata Saat Main Gadget
Ilustrasi Mencegah Kerusakan Mata Saat Main Gadget
Untuk menghindari risiko terjadinya kerusakan dan gangguan mata di atas, berikut adalah beberapa tips aman main gadget yang bisa Anda lakukan.

1. Batasi Waktu Penggunaan Gawai
Hindari penggunaan secara berlebihan dan batasi waktu penggunaan gawai. Misalnya, gunakanlah aplikasi untuk membatasi penggunaan social media di handphone Anda menjadi maksimal 1 jam setiap harinya.

Buat aturan seberapa lama Anda boleh main gadget di aplikasi tersebut. Apabila sudah 1 jam, misalnya, akan muncul peringatan di layar gawai, dan Anda harus segera berhenti menggunakan gadget tersebut.

2. Istirahatkan Mata Sesering Mungkin
Istirahatkan mata Anda setidaknya setiap 20 menit sekali saat menggunakan gawai secara terus menerus.

Ambil waktu sekitar 20 detik untuk melihat kejauhan dalam radius sekitar 20 kaki atau 6 meter.

Dengan melakukan ini, Anda akan mengistirahatkan mata sekaligus membuat mata agar tidak bekerja terlalu berat.

3. Jaga Jarak dengan Gawai
Jangan gunakan gawai dalam jarak yang terlalu dekat! Sebaiknya, beri jarak sekitar 30–45 cm antara layar gadget dan mata Anda.

Jika terlalu dekat, cahaya dan sinar biru pada gawai dapat membuat mata bekerja semakin berat, Anda mudah mengalami sakit kepala, mata pun menjadi mudah kering.

4. Memejamkan Mata
Memejamkan mata selama setidaknya 30 detik, dapat membantu menyebarkan air mata untuk melapisi seluruh permukaan mata.

Dengan demikian, mata tetap basah dan tidak menjadi kering. Maka, mulai pejamkan mata Anda ketika mulai terasa gatal dan kering saat main gawai.

5. Jangan Lupa Berkedip
Ketika bermain gawai terlalu serius, misalnya ketika sedang bermain game atau membaca sesuatu yang seru, Anda mungkin bisa lupa untuk memejamkan mata.

Untuk mencegah gangguan pada mata (mata kering atau gatal, misalnya) yang terjadi akibat kelamaan main gadget, usahakan berkedip beberapa waktu sekali.

Berkedip adalah mekanisme yang dibuat oleh tubuh kita untuk menjaga kondisi mata tetap basah dan terlindungi. Seringlah berkedip ketika Anda melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi mata dalam jangka waktu lama.

6. Pijat Sudut Mata dengan Lembut
Anda juga bisa memijat bagian sudut mata untuk mengatasi mata lelah setelah lama menatap layar gawai.

Pertama, pastikan Anda mencuci tangan dengan bersih. Setelah itu, cobalah untuk memijat bagian sudut mata dekat hidung dengan gerakan memutar secara lembut.

Pijatan ini dapat melancarkan aliran air mata di salurannya. Pada orang yang memiliki riwayat mata kering, hal ini bisa sangat membantu.

7. Jangan Gunakan Cahaya yang Terlalu Terang
Tips lain main gadget, khususnya di ruangan gelap, jangan menggunakan cahaya yang terlalu terang.

Redupkanlah cahaya di layar gawai Anda serendah mungkin agar mata tidak bekerja terlalu keras.

Gawai memang bisa memberikan kemudahan sekaligus sebagai media hiburan di kala senggang.

sumber : Klikdokter.com ( dr.Rio)

(0)

dedi wahyu
Author: dedi wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Hasil dan Klasemen Liga Inggris, The Big Six Tercecer

Skor langka akhirnya muncul pada laga Liga Inggris 2020-2021, Senin (19/10/2020). Klasemen Premier League pun dikejutkan dengan posisi The Big Six yang tercecer.

Saudari Kembar Tak Sengaja Bertemu di TikTok

Terpisah sekira 20 tahun, Trena Mustika (24) warga Kampung Cipaingeun, Kelurahan Sukamaju Kaler, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, menemukan saudari kembarnya lewat aplikasi TikTok.

Nama Jalan Presiden Joko Widodo Diresmikan di UAE

Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) meresmikan nama jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Senin 19 Oktober 2020.

Lisa BLACKPINK sebagai Global Brand Ambassador MAC

Brand makeup profesional, M.A.C Cosmetics, resmi menunjuk personel idol grup K-Pop Blackpink, Lalisa Manobal atau yang lebih dikenal sebagai Lisa Blackpink sebagai idol K-Pop wanita pertama yang ditunjuk sebagai global brand ambassador mereka mulai Oktober dengan kerja sama jangka panjang.
- Advertisement -

Pemerintah Belanda Cari Warga Indonesia Pemilik Berlian 36 Karat

Pemerintah Belanda siap melacak pemilik ribuan benda bersejarah yang dirampas dari daerah bekas jajahan.

Kemungkinan Virus Corona Bisa Pengaruhi Mata Hasil Studi

Covid-19 merupakan penyakit yang diakibatkan oleh virus corona jenis baru yang menyerang sistem pernapasan. Namun, ada indikasi bahwa Covid-19 dapat memengaruhi berbagai organ dan bagian tubuh, termasuk mata.

Must read

Hasil dan Klasemen Liga Inggris, The Big Six Tercecer

Skor langka akhirnya muncul pada laga Liga Inggris 2020-2021, Senin (19/10/2020). Klasemen Premier League pun dikejutkan dengan posisi The Big Six yang tercecer.

Saudari Kembar Tak Sengaja Bertemu di TikTok

Terpisah sekira 20 tahun, Trena Mustika (24) warga Kampung Cipaingeun, Kelurahan Sukamaju Kaler, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, menemukan saudari kembarnya lewat aplikasi TikTok.
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you