Kesehatan Tips Bekerja Malam Hari

Tips Bekerja Malam Hari

-

- Advertisment -

SuratNews.ID | Penelitian menyebutkan bahwa orang yang bekerja di malam hari lebih rentan mengalami berbagai gangguan kesehatan. Itu sebabnya, para pekerja malam dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai vitamin, sebagai cara menjaga stamina saat kerja malam dan tidak mudah jatuh sakit.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal ketika Anda mengonsumsi vitamin, sebaiknya konsultasikan lebih dahulu dengan dokter. Dengan demikian, Anda akan bisa mendapatkan resep yang tepat terkait vitamin untuk kerja malam sesuai kebutuhan.

Konsumsi Vitamin untuk Kerja Malam Hari

Rupanya, ada beberapa vitamin yang disarankan untuk dikonsumsi bagi Anda yang sering bekerja hingga larut malam. Berikut beberapa vitamin yang penting untuk menunjang Anda saat kerja di malam hari:

  1. Vitamin C

Menurut Journal of Circadian Rhythms, orang-orang yang sering bekerja di malam hari memiliki tingkat stres oksidatif yang tinggi. Kondisi ini dikaitkan dengan kerusakan sel dan beberapa jenis kanker.

Vitamin C adalah antioksidan kuat, yang efektif untuk menetralkan radikal bebas akibat stres oksidatif. Vitamin ini banyak ditemukan pada buah jeruk, jambu biji, kiwi, stroberi, dan nanas. Jika tidak terlalu suka makan buah, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin C yang banyak dijual di pasaran, sesuai anjuran dokter.

Artikel Lainnya: Suntik Vitamin C Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh?

  1. Vitamin D

Sebuah penelitian pada 2009 yang dipublikasikan di Osteoporosis International menemukan bahwa perawat wanita yang bekerja pada malam hari memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami patah tulang di pergelangan tangan dan pinggul.

Untuk menurunkan risiko tersebut, Anda sebaiknya mulai mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D. Beberapa makanan sumber vitamin D antara lain, tahu, tempe, telur, susu dan produk olahannya.

  1. Vitamin E

Penelitian pada tahun 1995 yang diterbitkan dalam jurnal Circulation menemukan bahwa wanita yang bekerja di malam hari memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Menurut University of Maryland Medical Center, untuk melawan zat-zat beracun yang sering dihadapi pekerja shift malam, konsumsi vitamin E dapat memberikan perlindungan optimal bagi tubuh Anda. Vitamin ini dapat Anda temukan pada bayam, kacang almon, udang, tomat, alpukat, kiwi, dan juga wortel.

  1. Vitamin A

Vitamin untuk kerja malam berikutnya adalah vitamin A. Orang-orang yang bekerja di malam hari, menambahkan vitamin A di dalam menu harian dipercaya dapat mencegah kekeringan dan kelelahan pada mata. Anda bisa mendapatkan vitamin ini dari telur, produk olahan susu, wortel dan tomat.

Tips Sehat Bekerja di Malam Hari

Selain melalui asupan vitamin, ada banyak cara untuk menunjang kesehatan dan daya tahan tubuh untuk para pekerja shift malam. Berikut lima tips bekerja malam hari:

Ambil satu jam atau lebih untuk bersantai setelah bekerja, apakah itu siang atau malam hari. Musik yang menenangkan atau mandi air hangat akan membantu.

Hindari konsumsi minuman beralkohol sebelum tidur. Meskipun obat penenang dapat membantu Anda tertidur, efeknya cenderung hilang dalam 2-3 jam. Justru, efek obat dapat menyebabkan gangguan tidur di paruh kedua malam.

Hindari kopi, teh, kola, semua minuman kafein lainnya, yang mengganggu tidur. Saat jam istirahat, minumlah jus jeruk (protein) dan berjalan-jalan. Aktivitas fisik dapat meningkatkan kesadaran.

Hindari suara bising di siang hari, yang dapat mengganggu tidur nyenyak. Gunakan sumbat telinga spons yang nyaman.

Berolahragalah setiap hari setelah bangun tidur. Orang yang tidur di siang hari harus menghindari olahraga di pagi hari, yang dapat meningkatkan kesadaran di siang hari.

Bekerja malam hari memang tidak dapat dihindari, namun penting untuk menjaga kesehatan Anda

(0)

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Hasil Lengkap dan Klasemen Liga Inggrid

Persaingan di papan atas Liga Inggris 2020-2021 semakin sengit setelah Liverpool sukses menuai tiga poin dari Leicester City pada matchday kesembilan.

Miguel Oliveira Juara MotoGP Portugal 2020

Hasil MotoGP Portugal sudah bisa disimak. Rider tuan rumah, Miguel Oliveira, yang menjadi juaranya di seri pamungkas MotoGP 2020.

Pangdam Jaya : Kalau Perlu FPI Bubarkan

Panglima Kodam (Pangdam) Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman berbicara tentang pencopotan baliho Habib Rizieq oleh prajurit TNI yang dia sebut atas perintahnya.

Hotman Paris Menang Lelang Popcorn Emas

Nama Chef Arnold dan pengacara kondang Hotman Paris Hutapea tengah menjadi perbincangan hangat saat ini. Bukan tanpa alasan, Hotman Paris baru saja memenangkan lelang popcorn “emas” buatan tangan Chef Arnold yang dibuka di Instagram.
- Advertisement -

Diperiksa Selama 9 Jam di Polda Metro Jaya, Ini Kata Anies

Gubernur DKI Anies Baswedan telah selesai menjalani pemeriksaan klarifikasi di Polda Metro Jaya pada Selasa malam, 17 November 2020.

Rekomendasi Drama Park Bo Gum Paling Seru

Bagi kamu yang suka nonton drama Korea tentu sudah nggak asing dengan para aktornya. Termasuk salah satunya Park Bo Gum.

Must read

Hasil Lengkap dan Klasemen Liga Inggrid

Persaingan di papan atas Liga Inggris 2020-2021 semakin sengit setelah Liverpool sukses menuai tiga poin dari Leicester City pada matchday kesembilan.

Miguel Oliveira Juara MotoGP Portugal 2020

Hasil MotoGP Portugal sudah bisa disimak. Rider tuan rumah, Miguel Oliveira, yang menjadi juaranya di seri pamungkas MotoGP 2020.
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you