Beranda Kesehatan Terinfeksi COVID-19 Orang Dengan Diabetes Berisiko Lebih Parah?

Terinfeksi COVID-19 Orang Dengan Diabetes Berisiko Lebih Parah?

0
4

SuratNews.ID | Siapa yang tidak kenal dengan COVID-19? Penyakit penyebab pandemi yang membuat semua orang di dunia khawatir. COVID-19 dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang fatal hingga kematian.

Mereka yang berusia lanjut dan menyandang penyakit kronis memiliki risiko yang lebih parah jika terkena COVID-19, termasuk di antaranya diabetesi.

Penelitian pada jurnal ilmiah Diabetes Metabolic Syndrome menunjukkan bahwa diabetesi yang terkena COVID-19 memiliki risiko gejala dan komplikasi yang lebih parah. Hal itu diketahui dari mempelajari 33 studi terkait COVID-19.

Bahkan, pasien COVID-19 dengan diabetes memiliki risiko lebih tinggi, hingga 2,75 kali mengalami gejala lebih parah dibanding dengan yang tidak memiliki diabetes. Selain itu, risiko kematian pada pasien COVID-19 dengan diabetes pun mencapai hampir 2 kali lipat lebih tinggi.

Lebih jauh, kadar gula darah yang tidak dikontrol berkaitan dengan risiko gejala dan komplikasi, serta kematian yang lebih besar. Berita baiknya, apabila kadar gula darah dapat dikontrol maka risiko ini dapat ditekan.

Nah, sebenarnya apa kaitan antara kadar gula darah dengan peningkatan risiko gejala dan komplikasi akibat COVID-19? Kadar gula darah yang tidak terkontrol akan meningkatkan risiko komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung. Hal ini dapat memperburuk kondisi pasien COVID-19.

TIdak hanya itu, kadar gula darah yang tidak terkontrol, dikombinasikan dengan komplikasi diabetes, juga dapat menurunkan kemampuan tubuh melawan infeksi. Jika kadar gula darah tidak terkontrol dan terjadi infeksi virus, peradangan di dalam tubuh akan meningkat dan meningkatkan risiko komplikasi.

Untuk itu, penting bagi diabetesi untuk menjaga diri dari penularan COVID-19 dengan cara menjaga jarak, selalu menggunakan masker, serta rutin mencuci tangan dengan air dan sabun. Tak kalah penting, diabetesi juga harus selalu mengontrol kadar gula darah dengan menjalankan pola hidup sehat termasuk menjaga pola makan, menjaga berat badan, dan rutin berolahraga.

Kalau Anda seorang diabetes, atau hidup dengan kerabat diabetesi, coba sediakan pemanis rendah kalori Tropicana Slim Diabtx sebagai pengganti gula. Dengan begitu, gula darah Anda tetap aman dan risiko yang lebih rendah dari gejala dan komplikasi COVID-19 yang lebih parah.

Mari bersama kita jaga kesehatan dan lewati pandemi COVID-19!

sumber : detik.com

(2)

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here