Berita Telkom Resmi Tutup Blanja.com

Telkom Resmi Tutup Blanja.com

-

- Advertisment -

SuratNews.ID | Telkom Group memutuskan untuk menutup layanan digital Blanja.com per 1 September 2020 dan beralih ke bisnis eCommerce dengan fokus pada segmen korporasi dan UMKM.

Menurut penuturan Pengamat Ekonomi Digatal sekaligus pendiri aplikasi trading saham Teman Trader, Luke Syamlan mengatakan, langkah yang dilakukan Telkom itu dianggap wajar.

Pasalnya, Telkom ada pertanggung jawaban ke investor dari setiap korporasinya.

“Saya melihat investor cukup senang dengan aksi korporasi itu karena sehari setelah diumumkan saham Telkom sempat naik,” ujar Luke Syamlan dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/9).

Sementara Pengamat Ekonomi Digital, Ignatius Untung mengatakam, jika dilihat kategori di mana Blanja,com bermain, persaingannya sangat ramai dan dekat.

“Totalnya ada 10 pemain lebih, di mana 5 di antaranya sudah cukup dominan dan butuh investasi besar untuk mengejarnya,” ungkapnya.

“Jadi dugaan saya Telkom berhitung dan mendapatkan hasilnya bahwa investasi di bidang itu Return On Investment (ROI) tidak sebaik ketika mereka masuk ke segment Business to Business (B2B) yang lebih sedikit pemainnya,” sambungnya.

Dia memprediksi, dengan kekuatan Telkom bersama anak perusahaan, hubungan baik sesama BUMN dan akses ke pemerintah membuat bisnis B2B dan Business to Government (B2G) menjadi hitungan yang lebih masuk.

“Saya melihat langkah keluar dari market Customer to Customer (C2C) marketplace ini bukan masalah mampu atau tidak mampu.

Telkom dan ebay sebagai induknya Blanja punya uang untuk bisa bersaing,” kata Ignatius.

Sedangkan Pengamat Ekonomi Digital lainnya Daniel Tumiwa mengakui langkah Telkom sudah tepat menutup Blanja.

“Bagus, karena late comer yang tidak berhasil atau gagal cari pendanaan pasti akan tutup.

Platform eCommerce sudah tutup untuk pemain baru, sudah terlalu mahal untuk masuk.

Nanti akan ada koreksi lagi di pasar,” ujarnya.

Kemudian, Pengamat Telekomunikasi Doni Ismanto Darwin menyatakan, bisnis eCommerce terutama di sektor C2C memang lumayan keras karena masyarakat masih menjadikan promosi berupa cashback, diskon, hingga subsidi ongkos pengiriman sebagai daya tarik berbelanja.

“Harus dipahami sebagai listed company dan BUMN, Telkom itu tetap orientasinya Ebitda dan Net Income positif dalam mengoperasikan bisnis.

Sementara bisnis eCommerce ini yang diincar Gross Market Value (GMV) yang butuh dana besar sebagai bensinnya, tetapi Ebitda dan Net Income belum tentu positif,” katanya.

Lebih lanjut Doni menyarankan, pemerintah untuk lebih jeli melihat kompetisi di eCommerce karena ekosistemnya makin dikuasai asing.

“Platform, payment, hingga logistik sekarang mulai dikuasai asing. Saya rasa pemain lokal ada peluang di payment dan logistik jika regulasi dijalankan dengan benar.

Kalau payment dan logistik lepas juga semua ke asing, artinya Indonesia ini hanya akan menjadi pasar,” tutupnya. (ddy/jpnn)

sumber : jpnn.com

(0)

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Hotman Paris Menang Lelang Popcorn Emas

Nama Chef Arnold dan pengacara kondang Hotman Paris Hutapea tengah menjadi perbincangan hangat saat ini. Bukan tanpa alasan, Hotman Paris baru saja memenangkan lelang popcorn “emas” buatan tangan Chef Arnold yang dibuka di Instagram.

Diperiksa Selama 9 Jam di Polda Metro Jaya, Ini Kata Anies

Gubernur DKI Anies Baswedan telah selesai menjalani pemeriksaan klarifikasi di Polda Metro Jaya pada Selasa malam, 17 November 2020.

Rekomendasi Drama Park Bo Gum Paling Seru

Bagi kamu yang suka nonton drama Korea tentu sudah nggak asing dengan para aktornya. Termasuk salah satunya Park Bo Gum.

Mulai Anies Hingga Rizieq Akan Dipanggil Polisi Terkait Prokes

Bareskrim Polri akan memangil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Habib Rizieq Shihab juga bakal diperiksa karena membuat acara sehingga ada kerumunan massa di tengah pandemi Covid-19.
- Advertisement -

Akibat Tidak Jalankan Prokes 2 Kapolda Dicopot

Kapolri Jenderal Idham Azis mencopot Inspektur Jenderal Nana Sudjana dari jabatan Kapolda Metro Jaya, dan Inspektur Jenderal Rudy Sufahradi dari jabatan Kapolda Jawa Barat.

Lari atau Jalan Santai? Yang Sama-sama Bakar Kalori

Berjalan dan berlari adalah aktifitas fisik yang menyehatkan tubuh. Berjalan dapat memperkuat jantung, meningkatkan fungsi pernapasan, membakar kalori ekstra, dan meningkatkan suasana hati.

Must read

Hotman Paris Menang Lelang Popcorn Emas

Nama Chef Arnold dan pengacara kondang Hotman Paris Hutapea tengah menjadi perbincangan hangat saat ini. Bukan tanpa alasan, Hotman Paris baru saja memenangkan lelang popcorn “emas” buatan tangan Chef Arnold yang dibuka di Instagram.

Diperiksa Selama 9 Jam di Polda Metro Jaya, Ini Kata Anies

Gubernur DKI Anies Baswedan telah selesai menjalani pemeriksaan klarifikasi di Polda Metro Jaya pada Selasa malam, 17 November 2020.
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you