HomeKesehatan

Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin

SuratNews.ID | Anda pasti sudah tahu bahwa vitamin sangat penting untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, kekurangan vitamin bisa membuat tubuh jadi lemah dan mengalami beberapa gejala yang mungkin tidak disadari oleh penderitanya.

Wanita Cenderung Tidak Mengalami Gejala Covid-19 Parah!
Gaya Bercinta Klasik Tapi Ampuh Bikin Ranjang Makin Panas
Makanan yang Mempercepat Proses Penuaan

SuratNews.ID | Anda pasti sudah tahu bahwa vitamin sangat penting untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, kekurangan vitamin bisa membuat tubuh jadi lemah dan mengalami beberapa gejala yang mungkin tidak disadari oleh penderitanya. Padahal, vitamin sangat mudah diperoleh dari makanan sehari-hari dan juga suplemen tambahan. Lalu bagaimana, sih, tanda Anda kekurangan vitamin?

Gejala Tubuh Kurang Vitamin

Vitamin dapat tercukupi jika Anda menjalani pola makan sehat sehari-hari. Namun, tidak ada yang bisa memastikan asupan vitamin yang masuk ke dalam tubuh seberapa banyak.

Pemeriksaan darah juga sangat jarang dilakukan untuk mengetahui kekurangan vitamin, malah biasanya baru akan dijalani jika muncul sebuah gejala. Biasanya, gejala kekurangan vitamin banyak tak disadari oleh masyarakat umum.

Sebetulnya, jika tubuh menunjukkan gejala yang aneh secara terus-menerus, ini menandakan tubuh sedang ‘berbicara’ kepada Anda. Terdapat beberapa gejala kekurangan vitamin yang mungkin tidak pernah terpikirkan seperti berikut ini.

  1. Kulit yang Sangat Kering

Terdapat beberapa jenis kulit yaitu kulit normal, kering, berminyak atau kombinasi. Ketika kulit Anda sangat kering, jangan abaikan, mungkin saja Anda kekurangan vitamin.

Kulit yang sangat kering hingga bersisik bisa jadi tanda kekurangan Omega 3. Sementara, asam lemak Omega 3 sangat penting untuk kesehatan kulit. Fungsinya, yaitu melindungi dari sinar matahari, mencegah keriput dan membuat kulit lebih lembap.

Mencari makanan yang mengandung Omega 3 pun mudah, Anda dapat menemukannya di kacang walnut, chia seed, flax seed, alpukat, ikan sarden, salmon, dan sebagainya.

  1. Mata Kedutan

Mata kedutan tanda ada yang kangen? Jangan keburu GR alias gede rasa ya. Faktanya, dalam dunia medis, mata kedutan. Penyebab kedutan bisa karena kelelahan, stres, dan terlalu banyak konsumsi alkohol serta kafein; juga dapat disebabkan oleh kekurangan magnesium.

Magnesium yang rendah dapat menyebabkan kelopak mata menjadi spasme alias kedutan. Makanlah biji-bijian seperti biji labu dan kacang-kacangan untuk meningkatkan kadar magnesium.

  1. Mudah Lebam

Lupakan mitos digigit atau dijilat setan jika tubuhmu tiba-tiba muncul lebam biru. Sebab, munculnya lebam bisa karena Anda kekurangan vitamin K. Gejala lain berupa mimisan tanpa alasan, perdarahan gusi ketika sedang sikat gigi dan juga menstruasi yang lebih banyak.

Vitamin K membantu proses pembekuan darah. Ketika kekurangan vitamin K, Anda bisa mengalami pendarahan dan lebam. Vitamin K dapat ditemukan pada makanan fermentasi seperti keju dan juga sayuran hijau.

  1. Sendi Kaku

Sendi jadi kaku juga dapat menandakan kekurangan vitamin D. Tubuh membutuhkan vitamin D untuk membantu menyerap kalsium yang penting bagi kesehatan tulang. Ketika kekurangan vitamin D, kepadatan tulang akan berkurang sehingga menyebabkan kaku sendi.

Artikel Lainnya: Kenali Suplemen Vitamin yang Cocok untuk Tubuh Anda

Cara paling mudah untuk meningkatkan vitamin D adalah dengan berjemur di matahari. Namun, berjemur pada jam yang tak sesuai bisa meningkatkan risiko kanker kulit sehingga penting untuk Anda menggunakan tabir surya.

Hasil sebuah pengamatan juga membuktikan bahwa orang dengan kulit gelap membutuhkan waktu berjemur lebih lama dibandingkan dengan orang dengan kulit terang, karena melanin pada kulit menghalangi penyerapan vitamin D.

Sebaiknya, Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D seperti salmon dan kuning telur. Jika Anda memilih mengonsumsi suplemen vitamin D, jangan berlebihan ya, sebab Anda bisa berisiko keracunan.

Jadi, sangat penting untuk memeriksa kadar vitamin D setiap empat atau enam bulan, supaya terhindar dari kejadian yang tak diinginkan, berkonsultasilah dengan dokter sebelum konsumsi suplemen D.

  1. Kuku Rapuh

Kuku yang rapuh mungkin pertanda kekurangan besi. Kekurangan besi menyebabkan kurangnya oksigen yang dialirkan melalui darah ke seluruh tubuh termasuk kuku.

Makanan seperti sayuran hijau, daging, brokoli, ikan sarden, makanan laut adalah asupan yang kaya akan zat besi. Untuk meningkatkan penyerapan zat besi, Anda juga dapat mengonsumsi vitamin C.

  1. Badan Lemas

Lemas adalah pertanda kekurangan vitamin B12. Walaupun Anda sudah tidur cukup dan kondisi tubuh sedang fit, badan lemas dapat terjadi ketika Anda kekurangan vitamin B12. Kekurangan B12 mengganggu produksi sel darah merah tubuh yang memberikan oksigen ke seluruh tubuh.

Tak perlu bingung, Anda bisa konsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12, seperti laut salmon, tuna, kerang, biji-bijian, dan hati.

Setelah tahu gejala kekurangan vitamin, jangan lagi meremehkan enam kondisi di atas, ya. Pola makan sehat dan seimbang tentunya menjamin asupan vitamin Anda.

[RPA/AYU]

sumber : klikdokter.com

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0