Kesehatan Sistem Kekebalan Tubuh Meningkat dengan Produk Herbal

Sistem Kekebalan Tubuh Meningkat dengan Produk Herbal

-

- Advertisment -

Suratnews.ID | Manfaat herba ini adalah berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Bahkan, jenis herba tertentu juga mengandung zat yang bersifat antivirus, antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memanfaatkan herba sebagai penambah asupan nutrisi Anda sehari-hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Meski demikian, kamu harus tetap produktif, menerapkan pola hidup yang sehat, dan menjaga kesehatan secara menyeluruh, terutama di tengah pandemi seperti sekarang.

Jenis Herba yang Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Produk herbal sudah sejak lama dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. Beberapa jenis herba juga diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat melawan kuman penyakit, termasuk virus. Berikut ini adalah tiga di antaranya:

1. Kurma
Kurma atau Phoenix dactylifera adalah buah berbiji yang memiliki tekstur kenyal dengan rasa yang manis. Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa kurma mengandung banyak antioksidan, lho. Antioksidan ini berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Tak hanya itu, buah yang tumbuh di daerah tropis ini juga mengandung zat gizi yang baik bagi tubuh, seperti serat untuk menjaga kesehatan saluran cerna, karbohidrat untuk memberikan energi, juga mineral untuk memperkuat tulang serta melawan osteoporosis.

2. Jinten hitam (habatussauda)
Jinten hitam memiliki nama latin Nigella sativa. Biji-bijian berwarna hitam yang terkenal dengan sebutan habatussauda ini telah digunakan dalam pengobatan herbal sejak zaman dahulu.

Biji yang berasal dari tanaman berbunga Ranunculacea ini mengandung antioksidan yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Selain itu, jinten hitam juga memiliki sifat antivirus, antibakteri, antijamur, antiparasit, dan imunomodulator yang dapat menghambat terjadinya proses peradangan.

Oleh karena itu, jinten hitam dapat memperkuat daya tahan tubuh sehingga Anda tidak mudah sakit, membunuh beragam jenis bakteri yang bisa menimbulkan infeksi berbahaya, seperti pneumonia, serta meredakan peradangan di dalam tubuh.

3. Madu
Tidak hanya memiliki rasa yang manis dan lezat, madu juga dikenal baik untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pemanis alami yang lebih sehat daripada gula.

Cairan kental berwarna kuning keemasan hingga cokelat kehitaman yang diproduksi oleh lebah ini mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara umum.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada madu meliputi karbohidrat, vitamin C, vitamin B, asam amino, magnesium, phosphor, dan kalium. Madu juga bersifat antibakteri, antiradang, dan antijamur. Selain itu, madu juga kaya akan antioksidan flavonoid dan polifenol.

Kurma, jinten hitam, dan madu telah terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan baik untuk kesehatan. Untuk memperoleh manfaatnya, Anda bisa mengonsumsinya satu per satu atau mencampur dan menyeduh ketiganya menjadi teh.

Bila ingin lebih praktis, Anda bisa mengonsumsi minuman herbal yang langsung mengandung ketiganya. Namun ingat, konsumsilah sesuai anjuran yang tertera di kemasannya.

Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu misalnya hamil atau mengonsumsi obat tertentu secara rutin, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi produk herbal.

Ditinjau oleh: dr. Meva Nareza
Sumber : alodokter

(0)

dedi wahyu
Author: dedi wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Diduga Terima Rp9,8 Miliar

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan total uang yang diterima oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo di dalam rekening penampung sebesar Rp9,8 miliar.

Hasil Lengkap dan Klasemen Liga Inggris

Persaingan di papan atas Liga Inggris 2020-2021 semakin sengit setelah Liverpool sukses menuai tiga poin dari Leicester City pada matchday kesembilan.

Miguel Oliveira Juara MotoGP Portugal 2020

Hasil MotoGP Portugal sudah bisa disimak. Rider tuan rumah, Miguel Oliveira, yang menjadi juaranya di seri pamungkas MotoGP 2020.

Pangdam Jaya : Kalau Perlu FPI Bubarkan

Panglima Kodam (Pangdam) Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman berbicara tentang pencopotan baliho Habib Rizieq oleh prajurit TNI yang dia sebut atas perintahnya.
- Advertisement -

Hotman Paris Menang Lelang Popcorn Emas

Nama Chef Arnold dan pengacara kondang Hotman Paris Hutapea tengah menjadi perbincangan hangat saat ini. Bukan tanpa alasan, Hotman Paris baru saja memenangkan lelang popcorn “emas” buatan tangan Chef Arnold yang dibuka di Instagram.

Diperiksa Selama 9 Jam di Polda Metro Jaya, Ini Kata Anies

Gubernur DKI Anies Baswedan telah selesai menjalani pemeriksaan klarifikasi di Polda Metro Jaya pada Selasa malam, 17 November 2020.

Must read

Diduga Terima Rp9,8 Miliar

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan total uang yang diterima oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo di dalam rekening penampung sebesar Rp9,8 miliar.

Hasil Lengkap dan Klasemen Liga Inggris

Persaingan di papan atas Liga Inggris 2020-2021 semakin sengit setelah Liverpool sukses menuai tiga poin dari Leicester City pada matchday kesembilan.
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you