Risiko Bila Tidak Pakai Celana Dalam

HomeKesehatan

Risiko Bila Tidak Pakai Celana Dalam

Kalau tidak pakai celana dalam, ternyata ada risiko tersendiri bagi pria maupun wanita. Berikut beberapa hal yang bisa terjadi:

Cara Mengatasi Rasa Insecure Pada Diri Seseorang
Ini Jenis Celana Dalam yang Paling Tepat untuk Kesehatan Area Kewanitaan
Menurunkan Sistem Imun, Kenali Gejala Kelenjar Getah Bening dan Cara Pengobatannya

SuratNews.ID | Kalau tidak pakai celana dalam, ternyata ada risiko tersendiri bagi pria maupun wanita. Berikut beberapa hal yang bisa terjadi:

  1. Bahaya Gesekan

Salah satu tujuan utama memakai celana dalam adalah untuk melindungi area sensitif Anda dari kain kasar atau kaku. Kain jenis ini dikhawatirkan dapat menggosok kulit dan menyebabkan gesekan, misalnya celana jeans.

Menurut dr. Devia Irine Putri, memakai celana dalam sangat perlu bagi pria ketika pakai celana jeans. Hal ini supaya tidak terjepit ritsleting atau tergesek bahan jeans yang relatif kasar.
2
. Masuk Serangga atau Hewan Kecil Lainnya

“Kalau tidak pakai celana dalam, risikonya mungkin ada serangga atau hewan yang masuk atau menggigit alat kelamin,” jelas dr. Devia.

Tentunya, hal ini bisa menimbulkan masalah kulit tertentu. Pastinya, juga rasa tidak nyaman akibat luka gigitan serangga.

  1. Lebih Sering Mencuci

Bagi wanita, tidak memakai celana dalam bisa meningkatkan masalah keputihan. Cairan tersebut akan keluar lebih banyak dari biasanya.

Hal ini karena celana dalam biasanya membantu menangkal cairan buruk agar tidak sampai mengenai celana.

  1. Ada Bau Vagina

Meskipun tidak ada yang salah dengan bau vagina (karena hal yang alami), tidak memakai celana dalam dapat membuat aroma tersebut agak berbeda dari biasanya.

  1. Mudah Berkeringat yang Berujung Gatal

Salah satu yang juga dikhawatirkan dari kebiasaan tidak pakai celana dalam adalah keringat berlebih. Dokter Devia mengatakan kebiasaan ini justru membuat bagian kemaluan Anda mudah gatal karena lembap.

  1. Masalah Kulit Folikulitis

Masalah kulit yang dikenal sebagai folikulitis dapat muncul bila Anda tidak benar melindungi area vagina dengan celana dalam.

Folikulitis adalah bentuk peradangan pada folikel rambut. Ini bisa terjadi akibat gesekan dan iritasi yang berasal dari pakaian yang terlalu ketat. Hal ini dapat menjadi lebih buruk bila Anda baru bercukur.

Kapan Harus Pakai Celana Dalam?

Kalau bicara kapan sebaiknya pakai celana dalam, sepertinya harus setiap waktu. Mengingat risiko-risikonya cukup serius. Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa kondisi yang tidak mengharuskan Anda pakai celana dalam.

Menurut dr. Devia, jika hanya beraktivitas di rumah saja, maka tidak masalah kalau tidak pakai. Namun, kalau sedang beraktivitas di luar, sebaiknya pakai celana dalam!

“Kalau di rumah saja tidak masalah. Tapi kalau beraktivitas di luar, apalagi kalau sedang olahraga, sebaiknya pakai celana dalam,” tegas dr. Devia.

Momen lainnya yang memperbolehkan Anda tidak memakai celana dalam adalah saat tidur atau work from home (WFH). Asal, kebersihan rumah dipastikan bisa terjaga.

“Boleh kalau saat tidur atau di rumah sedang WFH seperti sekarang. Asalkan, kasur atau lingkungan rumah terjaga kebersihannya,” jelasnya.

Sebenarnya, pilihan untuk memakai celana dalam atau tidak kembali kepada pribadi masing-masing. Hanya saja, ada beberapa risiko yang sudah dijelaskan di atas.

sumber : klikdokter.com

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0