Kesehatan Rempah-rempah Ini Paling Banyak Ditanam di Rumah

Rempah-rempah Ini Paling Banyak Ditanam di Rumah

-

- Advertisment -

SuratNews.ID | Rempah-rempah memiliki banyak khasiat. Bukan hanya sebagai tanaman obat, rempah-rempah juga bermanfaat untuk memperkaya cita rasa masakan. Tak heran banyak orang yang tertarik untuk menanamnya di halaman rumah.

Apa saja jenis tanaman rempat yang paling banyak dibudidayakan di rumah? Berikut daftarnya.

  1. Jahe

Tanaman rempah ini cukup sering digunakan di berbagai menu masakan tradisional Indonesia.Selain dijadikan makanan, jahe juga kerap diramu menjadi minuman penghangat badan. Cara menanamnya juga cukup mudah. Hanya perlu memotong rimpang mengandung tunas yang sedang lalu ditaruh di pot berisi tanah yang subur.

  1. Lengkuas

Rempah ini bukan hanya digunakan untuk masakan khas Indonesia saja. Lengkuas juga kerap digunakan untuk masakan dari negara Asia lain seperti Thailand. Cara menanamnya juga tidak sulit. Namun pastikan tanahnya tetap lembab, hangat dan subur. Tanaman ini bisa dipanen dalam waktu 10-12 bulan ketika tanaman mulai berbunga.

  1. Kunyit

Tanaman rempah yang memiliki warna keemasan ini biasa digunakan untuk memasak gulai atau kari. Kunyit juga bisa digunakan sebagai pewarna makanan alami. Kunyit juga berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit.

  1. Serai

Serai merupakan tanaman rempah yang biasa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan, daging atau ayam. Pada masakan, serai juga bisa digunakan untuk menambahkan wangi. Salah satu makanan khas Indonesia yang menggunakan serai adalah nasi liwet. Serai bisa dipanen dalam waktu 100 hari setelah ditanam.

  1. Kencur

Kencur kerap digunakan sebagai bahan untuk membuat jamu. Meski begitu, kencur juga dapat membuat aroma masakan menjadi lebih sedap. Tanaman ini bisa ditanam di pot berukuran sedang. Berbeda dengan tanaman rempah sebelumnya, tanaman ini harus ditaruh di tempat teduh.

  1. Bawang Merah

Rempah yang selalu diduetkan dengan bawang putih ini juga bisa ditanam di pekarangan rumah. Hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang merah. Maka dari itu menanam bawang merah di pekarangan rumah dinilai sangat bermanfaat. (Baca juga: Gosokkan Bawang Merah ke Punggung Tangan, Lalu Lihat Khasiatnya)

  1. Temu Kunci

Temu kunci bisa digunakan untuk membuat sayur bayam dan tahu gejrot. Tanaman yang bisa tumbuh hingga 30-80 cm ini memiliki rimpang berwarna kuning. Rimpang temu kunci memiliki aroma kuat. Rempah ini bisa ditanam di tanah yang lembab. Pastikan tanaman terkena sinar matahari.

  1. Ketumbar

Menanam ketumbar cukup mudah untuk dilakukan. Ketumbar tidak memerlukan banyak sinar matahari. Cukup dengan meletakkan tanaman ini di tempat yang teduh. Biji dan daun dari tanaman rempah ini bisa dimanfaatkan. Bijinya bisa digunakan untuk membuat dendeng, bacem atau ayam bakar. Sedangkan daunnya bisa digunakan untuk membuat soto atau sup ayam.

  1. Bawang Putih

Sama seperti bawang merah, bawang putih juga menjadi salah satu rempah yang selalu digunakan untuk berbagai masakan. Selain menjadi menu masakan, bawang putih juga kerap digunakan untuk membuat sambal. Menanam bawang putih juga tidak sulit, bisa dengan menanam sebonggol bawang putih dalam tanah yang sudah dicampur media tanamnya. (Baca juga: Khasiat Bawang Putih, mulai Kesehatan Jantung hingga Kesehatan Kulit)

  1. Jintan

Aroma dan cita rasa dari jintan cukup dominan. Beberapa menu masakan menggunakan jintan dalam bahannya. Menanam jintan di rumah terbilang sangat mudah. Hanya cukup ditanam di pot. Meski demikian pastikan tanaman bisa terpapar sinar matahari yang cukup banyak. Dalam waktu 4-5 bulan, bunga jintan sudah bisa dipanen.

sumber : sindonews.com

(0)

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Hasil Lengkap Liga Champions

Raja gol veteran Lazio, Ciro Immobile, mengalahkan raja gol muda Borussia Dortmund, Erling Haaland, untuk memastikan klub-klub Italia meraih hasil sempurna pada hari pertama matchday 1 Liga Champions, Rabu (21/10/2020) dini hari WIB.

Jamuan Makan Siang 2 Jenderal Polisi Tersangka Kasus Djoko Tjandra

Berseragam kepolisian, Irjen Napoleon Bonaparte dan Brigjen Pol Prasetijo Utomo tampak tersenyum di depan meja makan yang penuh piring berisi ragam makanan dan juga air mineral.

Indonesia Tolak Proposal AS Mendaratkan Pesawat Pengintai

Indonesia tahun ini menolak proposal Amerika Serikat untuk mengizinkan pesawat pengawas maritim P-8 Poseidon

Timnas Indonesia U-19 vs Hajduk Split U-19: Skor 4-0

Timnas Indonesia U-19 menghajar Hajduk Split dengan skor 4-0 di Stadion Sloga Mravince, Kroasia, Selasa (20/10/2020) sore WIB.
- Advertisement -

Perubahan Gaya Hidup yang Perlu Diterapkan Usai Mengalami Serangan Jantung

Masalah serangan jantung merupakan suatu hal yang menjadi ketakutan bagi banyak orang. Walau begitu, tidak semua serangan jantung berujung kematian

Hasil dan Klasemen Liga Inggris, The Big Six Tercecer

Skor langka akhirnya muncul pada laga Liga Inggris 2020-2021, Senin (19/10/2020). Klasemen Premier League pun dikejutkan dengan posisi The Big Six yang tercecer.

Must read

Hasil Lengkap Liga Champions

Raja gol veteran Lazio, Ciro Immobile, mengalahkan raja gol muda Borussia Dortmund, Erling Haaland, untuk memastikan klub-klub Italia meraih hasil sempurna pada hari pertama matchday 1 Liga Champions, Rabu (21/10/2020) dini hari WIB.

Jamuan Makan Siang 2 Jenderal Polisi Tersangka Kasus Djoko Tjandra

Berseragam kepolisian, Irjen Napoleon Bonaparte dan Brigjen Pol Prasetijo Utomo tampak tersenyum di depan meja makan yang penuh piring berisi ragam makanan dan juga air mineral.
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you