HomeBerita

Penyebab Jerawat di Pipi, Berasal dari Tindakan Sepele

SuratNews.ID | Penyebab jerawat di pipi kebanyakan berasal dari beberapa tindakan tergolong sepele yang hampir Anda lakukan dalam kehidupan sehari-ha

Pemuda Kuli Aspal Jadi Jenderal TNI AD
Pidato Presiden Jokowi di Sidang Umum PBB Ke-75
5 Alat Ventilator Buatan Indonesia

SuratNews.ID | Penyebab jerawat di pipi kebanyakan berasal dari beberapa tindakan tergolong sepele yang hampir Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Bagi sebagian kalangan, terutama kaum wanita menganggap jerawat merupakan gangguan kesehatan pada kulit yang sangat mengesalkan.

Apalagi jika jerawat timbul di sekitar area wajah khususnya bagian pipi, maka ini akan membuat tingkat kepercayaan diri seseorang jadi menurun. Pasalnya mereka menganggap bahwa kecantikan wajahnya akan terganggu akibat timbulnya jerawat di pipi. Sebenarnya jerawat terbentuk lantaran sel kulit mati, minyak alami kulit atau sebum dan menumpuknya bakteri pada foikel.

Tidak selalu muncul di pipi, jerawat juga dapat muncul di area manapun seperti leher, dada, bahu hingga punggung. Bagi kaum wanita sangat disarankan untuk menghentikan pemakaian produk kecantikan seperti make up saat wajah sedang mengalami jerawat agar kondisinya tak semakin buruk.

Agar tidak mengalami keresahan yang bekepanjangan, ada kalanya perlu mengetahui penyebab jerawat di pipi agar dapat menghindarinya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah penyebab jerawat di pipi.

Salah Pilih Produk Kecantikan

Salah satu penyebab jerawat di pipi adalah salah memilih produk kecantikan. Saat ini banyak sekali produk kecantikan yang dijual di pasaran dengan menawarkan berbagai manfaat. Mulai dari skin care untuk pria dan wanita hingga make up banyak sekali digunakan guna menunjang dan menjaga penampilan seseorang. Akan tetapi perlu diingat agar tidak salah memilih produk kecantikan tersebut, karena mampu mengakibatkan timbulnya jerawat di pipi.

Maka, Anda harus cermat dalam memilih produk kecantikan baik skin care atau make up yang cocok untuk jenis kulit Anda. Mengingat saat ini sudah banyak tersedia varian skin care dan juga make up yang sudah disesuaikan untuk beberapa jenis kulit juga. Apabila kalian memiliki kulit cenderung berminyak, sangat disarankan untuk tidak memilih skin care atau make up yang mengandung minyak agar dapat mencegah jerawat.

Ponsel Tak Bersih

Tahukah Anda bahwa sebenarnya ponsel yang Anda miliki dan hampir digunakan setiap saat untuk berkomunikasi dapat menjadi salah satu penyebab jerawat di pipi. Hal tersebut lantaran kondisi kebersihan ponsel yang jarang sekali diperhatikan, sehingga dapat menjadi sarang bakteri juga kuman.

Kebanyakan, seseorang akan membersihkan ponselnya ketika terlihat kotor secara kasat mata. Padahal meski terlihat bersih bukan berarti bahwa ponsel Anda terbebas dari bakteri dan kuman, apalagi mengingat ponsel seringkali bersentuhan dengan tangan. Nah ketika Anda sedang menelpon, otomatis akan menempelkan layar ponsel ke pipi. Hal inilah yang kemudian menjadi waktu tepat berpindahnya kuman dan bakteri penyebab jerawat.

Konsumsi Makanan dan Minuman yang Salah

Mengonsumsi makanan dan minuman yang salah juga dapat menjadi salah satu penyebab jerawat di pipi lho. Apalagi jika makanan dan minuman yang dikonsumsi memiliki kandungan karbohidrat dan juga gula sehingga dapat meningkatkan insulin dan kadar gula darah dalam tubuh. Beberapa makanan dengan kandungan gula tinggi yakni seperti junk food, minuman manis, minuman bersoda, roti, pasta hingga nasi putih.

Meningkatnya kadar insulin dalam tubuh akan membuat hormon androgen terpicu menjadi lebih aktif. Jangan salah, peningkatan hormon ini tidak akan membuat tubuh Anda menjadi lebih baik malah menyebabkan sel kulit mati lebih cepat tumbuh dan produksi sebum meningkat. Hal inilah yang membuat rawan jerawat tumbuh.

Kebiasaan Menyentuh Wajah

Penyebab jerawat di pipi juga dapat diakibatkan lantaran kebiasaan sering menyentuh wajah dengan tangan. Perlu Anda ingat, bahwasannya tangan merupakan tempat berkumpulnya kuman dan bakteri. Biasanya, kebiasaan ini banyak dilakukan oleh kaum wanita guna memastikan riasan wajah atau menopang wajah.

Maka, dengan menyentuh wajah kuman akan dan bakteri akan mampu berpindah tempat. Apalagi, jika Anda sangat jarang membersihkan wajah sehingga membuat sebum atau minyak alami jadi menumpuk. Sebum ini pada nantinya akan berpadu dengan sel kulit mati dan juga bakteri yang menjadi penyebab jerawat di pipi.

Stres Berlebih

Stres juga merupakan penyebab jerawat di pipi berikutnya tanpa disadari. Tubuh Anda akan mengalami perubahan hormon secara naluriah, ketika sedang merasa stres. Perubahan tersebut merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat di pipi atau bahkan anggota tubuh lainnya.

Stres dalam kondisi parah bahkan mampu menjadi pemicu tumbuhnya jerawat yang buruk pula, hal tersebut tengah diungkapkan dalam sebuah studi. Kebiasaan buruk secara otomatis akan dilakukan oleh seseorang ketika mengalami stres, mulai dari minum alkohol, merokok, konsumsi makanan manis hingga makan dengan porsi yang besar. Maka hal ini akan menyebabkan jerawat timbul di tubuh Anda.

Jarang Bersihkan Seprei Kasur

Penyebab jerawat di pipi lainnya yakni seprei kasur yang jarang dibersihkan. Perlu diketahui bahwa wajah setiap harinya akan merontokkan sel kulit mati dan tanpa disadari, seprei merupakan tempat yang penampungannya. Kotoran, bulu hewan peliharaan, sisa riasan hingga kuman dapat hinggap dan berkumpul di seprei maupun bantal Anda.

Kotoran-kotoran inilah yang pada nantinya akan menempel di kulit wajah Anda sehingga menyumbat pori-pori. Maka tak heran apabila akan tumbuh jerawat ataupun komeda di area sekitar pipi. Untuk itu, sangat perlu rajin mengganti seprei dan mencucinya setiap satu minggu sekali. Sangat disarankan agar memilih seprei yang berjenis katun karena mampu menyerap keringat dan minyak wajah secara efektif.

sumber : merdeka.com

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: