Berita Pemerintah Subsidi Kuota Untuk Siswa

Pemerintah Subsidi Kuota Untuk Siswa

-

- Advertisment -

SuratNews.ID | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana memberikan kuota internet gratis untuk mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Namun, subsidi dinilai belum menjawab permasalahan PJJ, seperti ketiadaan gawai dan akses internet di sejumlah daerah.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan, untuk menjawab persoalan tersebut, Kemendikbud diminta untuk melakukan survei ke setiap daerah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah untuk mendata setiap kebutuhan sekolah dalam rangka pelaksanaan sistem PJJ. (Baca juga: Tak Terpakai, 38.000 Tablet Dipinjamkan ke Siswa Tak Mampu untuk PJJ)

Langkah ini diperlukan agar pemberian kuota internet dapat dimanfaatkan dengan baik oleh peserta didik, serta memberikan dukungan bagi sekolah, khususnya sekolah yang berada di daerah pelosok atau 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar), dengan memperhatikan anak didik maupun tenaga pengajar yang tidak memiliki gawai maupun akses internet sehingga tidak terjadi disparitas dalam pelayanan pendidikan.

“Pemerintah dalam hal ini Kemendikbud harus mencari solusi yang baik dan tepat bagi sistem pembelajaran di daerah, khususnya di wilayah 3T seperti bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika agar memberikan bantuan pengadaan barang untuk sekolah yakni gawai dan membangun infrastruktur telekomunikasi,” tuturnya, Senin (31/8).

Dengan cara itu, kata Bamsoet, kegiatan belajar mengajar di wilayah tersebut tetap terlaksana. Sebab, bantuan kuota internet hanya bisa bermanfaat bagi anak-anak yang memiliki gawai dan akses sinyal yang baik.

Di sisi lain, pemerintah didorong untuk mengoptimalkan metode luar jaringan (luring) jika metode daring masih memiliki banyak kendala, seperti keterbatasan jaringan dan keterbatasan kepemilikan gadget/gawai.

“Saya mendorong pemerintah tetap memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi dalam sistem PJJ selama masa pandemi, sehingga diharapkan memberikan harapan siswa/i dapat mengikuti sistem pembelajaran jarak jauh yang diterapkan pemerintah,” katanya.

sumber : sindonews.com

(0)

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Hasil Lengkap dan Klasemen Liga Inggris

Persaingan di papan atas Liga Inggris 2020-2021 semakin sengit setelah Liverpool sukses menuai tiga poin dari Leicester City pada matchday kesembilan.

Miguel Oliveira Juara MotoGP Portugal 2020

Hasil MotoGP Portugal sudah bisa disimak. Rider tuan rumah, Miguel Oliveira, yang menjadi juaranya di seri pamungkas MotoGP 2020.

Pangdam Jaya : Kalau Perlu FPI Bubarkan

Panglima Kodam (Pangdam) Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman berbicara tentang pencopotan baliho Habib Rizieq oleh prajurit TNI yang dia sebut atas perintahnya.

Hotman Paris Menang Lelang Popcorn Emas

Nama Chef Arnold dan pengacara kondang Hotman Paris Hutapea tengah menjadi perbincangan hangat saat ini. Bukan tanpa alasan, Hotman Paris baru saja memenangkan lelang popcorn “emas” buatan tangan Chef Arnold yang dibuka di Instagram.
- Advertisement -

Diperiksa Selama 9 Jam di Polda Metro Jaya, Ini Kata Anies

Gubernur DKI Anies Baswedan telah selesai menjalani pemeriksaan klarifikasi di Polda Metro Jaya pada Selasa malam, 17 November 2020.

Rekomendasi Drama Park Bo Gum Paling Seru

Bagi kamu yang suka nonton drama Korea tentu sudah nggak asing dengan para aktornya. Termasuk salah satunya Park Bo Gum.

Must read

Hasil Lengkap dan Klasemen Liga Inggris

Persaingan di papan atas Liga Inggris 2020-2021 semakin sengit setelah Liverpool sukses menuai tiga poin dari Leicester City pada matchday kesembilan.

Miguel Oliveira Juara MotoGP Portugal 2020

Hasil MotoGP Portugal sudah bisa disimak. Rider tuan rumah, Miguel Oliveira, yang menjadi juaranya di seri pamungkas MotoGP 2020.
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you