Pasien Puskesmas Barangka Buton Kini Bisa Manfaatkan Antrean Elektronik

HomeBerita

Pasien Puskesmas Barangka Buton Kini Bisa Manfaatkan Antrean Elektronik

ada Era Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) saat ini, Puskesmas berperan sebagai garda terdepan pemberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Gugatan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Ditolak MA
Ada Keringanan Pembayaran Iuran Tunggakan BPJS Kesehatan
Pendaftaran Online Bantu Pasien Akses Antrean Dari Rumah

SuratNews.id | Pada Era Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) saat ini, Puskesmas berperan sebagai garda terdepan pemberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Puskesmas terus berbenah agar dapat memberikan pelayanan secara profesional. Harapannya adalah penyakit-penyakit yang sifatnya non spesialistik atau cukup dengan penanganan dokter umum dapat selesai di Puskesmas dan tidak perlu dirujuk ke rumah sakit, sehingga peserta JKN-KIS yang berobat di rumah sakit adalah yang betul-betul membutuhkan penanganan dokter spesialis.

Salah satu inovasi yang saat ini dijalankan adalah penggunaan antrean elektronik di FKTP, termasuk di Puskesmas. Caranya pun sangat mudah, peserta JKN-KIS cukup memastikan telah mengunduh aplikasi Mobile JKN pada gawai berbasis Android ataupun Ios. Bagi yang belum menginstall dapat unduh di Play Store atau App Store.

“BPJS Kesehatan senantiasa berupaya agar peserta mendapat kemudahan dalam mengakses fasilitas kesehatan. Namun tidak hanya sebatas kemudahan tetapi juga kualitas layanan yang harus selalu ditingkatkan,” jelas Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Baubau Amrin Pawiruddin, Jumat (19/06).

Dalam upaya peningkatan kualitas dan kemudahan akses oleh masyarakat, Puskesmas Barangka di Kabupaten Buton telah menggunakan antrean elektronik yang terhubung dengan aplikasi Mobile JKN. Pada tahap awal pemasangan antrean elektronik tersebut petugas puskesmas rutin menyapaikan informasi kepada masyarakat.

“Harapannya kebiasaan masyarakat yang datang untuk mengambil antrean secara manual beralih menggunakan antrean elektronik,” lanjutnya.

Mus (34), salah satu peserta JKN-KIS yang mengakses pengobatan di Puskesmas, sangat mengapresiasi adanya pemasangan antrean elektronik tersebut. Menurutnya ini akan semakin memudahkan masyarakat khusunya pada masa pandemi saat ini.

“Kalau antrean elektronik biasanya i hanya ada di kota-kota besar saja, ternyata juga bisa sampai di Barangka. Ini sangat bagus apalagi di masa pandemi seperti ini. Kalau ambil antrean manual seperti biasanya tentu jarak dengan orang lain tidak bisa terjaga, tetapi dengan adanya antrean elektronik kita bisa menjaga jarak dengan orang lain. Harapannya juga dengan adanya antrean elektronik ini tidak perlu lagi menunggu lama untuk berobat di Puskesmas,” ucapnya.

sumber : jamkesnews.com

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: