Berita PANDAWA Bawa Layanan Whatsapp BPJS Kesehatan

PANDAWA Bawa Layanan Whatsapp BPJS Kesehatan

-

- Advertisment -

SuratNews.ID | Satu lagi inovasi terbaru yang dikeluarkan BPJS Kesehatan dalam menjawab kebutuhan peserta selama masa pandemi yaitu Pelayanan Administrasi melalui Aplikasi WhatsApp (PANDAWA). Diharapkan aplikasi PANDAWA ini dapat mengurangi adanya tatap muka langsung antara peserta dan petugas BPJS Kesehatan sebagai upaya mendukung langkah pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Kantor Cabang Makale, Zari Puspita Ayu menjelaskan bahwa dengan hadirnya layanan PANDAWA, peserta tetap dapat memperoleh pelayanan administrasi layaknya di Kantor BPJS Kesehatan. Adapun layanan PANDAWA dapat diakses oleh peserta segmen Pekerja BUkan Penerima Upah (PBPU) dan Peserta Penerima Upah (PPU).

“Upaya peningkatan layanan terus dilakukan oleh BPJS Kesehatan dengan layanan-layanan digital. Jika sebelumnya sudah ada aplikasi Mobile JKN dan BPJS Care Center 1500 400, kini peserta juga dapat mengakses pelayanan administrasi melalui PANDAWA. Peserta cukup mengirim pesan melalui nomor 08114236677 untuk melakukan percakapan dengan petugas. Petugas akan mengirimkan link untuk dapat diisi oleh peserta sesuai dengan kebutuhannya. Jadi peserta ukup mengakses layanan PANDAWA dari rumah,” jelas Ayu.

Ayu menambahkan bahwa beberapa layanan administrasi yang dapat diakses melalui PANDAWA adalah pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, daftar bayi baru lahir, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah data golongan dan gaji, ubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda, pengaktifan kembali kartu. Untuk melanjutkan layanan, peserta bisa mengisi format yang diberikan sesuai dengan kebutuhan layanan untuk selanjutnya diproses oleh petugas.

“Untuk waktu layanan PANDAWA sesuai dengan waktu layanan yang diberlakukan pada Kantor BPJS Kesehatan yakni pukul 08.00 WITA sampai dengan 15.00 WITA,” tambahnya.

Santi, salah seorang peserta JKN-KIS segmen PBPU yang telah melakukan pendaftaran baru melalui PANDAWA, mengatakan sangat mendukung keberadaan layanan tersebut, mengingat aplikasi Whatsapp telah menjadi aplikasi yang sangat familiar di masyarakat.

“Layanan ini sangat bagus. Kebetulan saya beberapa saat yang lalu baru akan mendaftarkan diri dan anggota keluarga saya sebagai peserta mandiri. Saya pun sebelumnya sudah diberitahu oleh kerabat untuk melakukan pendaftaran melalui PANDAWA. Rupanya sangat mudah dan juga cepat asalkan mengikuti prosedur yang diberikan oleh petugas. Kebetulan rumah saya cukup jauh jika harus mendatangi kantor BPJS Kesehatan untuk mengurus, dengan layanan ini saya bisa mendaftar tanpa khawatir lokasi yang jauh, antri dan sebagainya,” ujarnya.

sumber : jamkesnews.com

(8)

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Jamuan Makan Siang 2 Jenderal Polisi Tersangka Kasus Djoko Tjandra

Berseragam kepolisian, Irjen Napoleon Bonaparte dan Brigjen Pol Prasetijo Utomo tampak tersenyum di depan meja makan yang penuh piring berisi ragam makanan dan juga air mineral.

Indonesia Tolak Proposal AS Mendaratkan Pesawat Pengintai

Indonesia tahun ini menolak proposal Amerika Serikat untuk mengizinkan pesawat pengawas maritim P-8 Poseidon

Timnas Indonesia U-19 vs Hajduk Split U-19: Skor 4-0

Timnas Indonesia U-19 menghajar Hajduk Split dengan skor 4-0 di Stadion Sloga Mravince, Kroasia, Selasa (20/10/2020) sore WIB.

Perubahan Gaya Hidup yang Perlu Diterapkan Usai Mengalami Serangan Jantung

Masalah serangan jantung merupakan suatu hal yang menjadi ketakutan bagi banyak orang. Walau begitu, tidak semua serangan jantung berujung kematian
- Advertisement -

Hasil dan Klasemen Liga Inggris, The Big Six Tercecer

Skor langka akhirnya muncul pada laga Liga Inggris 2020-2021, Senin (19/10/2020). Klasemen Premier League pun dikejutkan dengan posisi The Big Six yang tercecer.

Saudari Kembar Tak Sengaja Bertemu di TikTok

Terpisah sekira 20 tahun, Trena Mustika (24) warga Kampung Cipaingeun, Kelurahan Sukamaju Kaler, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, menemukan saudari kembarnya lewat aplikasi TikTok.

Must read

Jamuan Makan Siang 2 Jenderal Polisi Tersangka Kasus Djoko Tjandra

Berseragam kepolisian, Irjen Napoleon Bonaparte dan Brigjen Pol Prasetijo Utomo tampak tersenyum di depan meja makan yang penuh piring berisi ragam makanan dan juga air mineral.

Indonesia Tolak Proposal AS Mendaratkan Pesawat Pengintai

Indonesia tahun ini menolak proposal Amerika Serikat untuk mengizinkan pesawat pengawas maritim P-8 Poseidon
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you