Manfaat Sehat dari Mangga Muda

HomeKesehatan

Manfaat Sehat dari Mangga Muda

SuratNews.ID | Mangga merupakan salah satu buah yang sangat menyegarkan dan juga sehat untuk dikonsumsi. Di Indonesia, terdapat berbagai jenis mangga mulai dari gadung, harum manis, podang, dan lain sebagainya.

Kebiasaan Ini Dapat Menjadi Pemicu Sinusitis!
5 Kesalahan saat Minum Air Putih
Cara Sederhana Mengatasi Sakit Leher Belakang

SuratNews.ID | Mangga merupakan salah satu buah yang sangat menyegarkan dan juga sehat untuk dikonsumsi. Di Indonesia, terdapat berbagai jenis mangga mulai dari gadung, harum manis, podang, dan lain sebagainya.

Manfaat dari mangga ini tidak hanya bisa diperoleh ketika dikonsumsi ketika sudah matang saja. Pada mangga muda, manfaat kesehatan yang dikandung buah lezat ini juga bisa diperoleh.

Mangga muda biasanya mudah kita jumpai pada rujak atau dalam bentuk manisan. Rasanya yang asam menjadikannya bisa terasa sangat segar ketika dikonsumsi di siang hari.

Di Balik rasanya yang asam, mangga muda memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung zat besi serta magnesium dan kalsium sebesar 80 persen dari kebutuhan harian kita.

Sejumlah nutrisi yang dikandung buah ini menjadikannya sangat bergizi untuk dikonsumsi. Dilansir dari Boldsky, berikut deretan manfaat dari mangga muda.

Meningkatkan Kesehatan Hati

Mangga muda bisa membantu menjaga kesehatan hati dan mencegah munculnya masalah. Asam yang terkandung di buah ini meningkatkan sekresi cairan empedu dan membersihkan organ dalam dari infeksi bakteri. Hal ini juga membantu meningkatkan penyerapan lemak dengan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Mencegah Asam Lambung

Mangga muda kaya antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan asam amino yang bisa bermanfaat menetralkan asam lambung. Konsumsi mangga muda ini bisa membantu menjinakkan lambung yang sedang bergemuruh.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dan A pada mangga muda serta deretan nutrisi di dalamnya bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat ini bakal lebih besar ketika kamu mengonsumsi mangga muda dalam kondisi mentah.

Mengatasi Penyakit yang Berhubungan dengan Darah

Penelitian mengungkap bahwa mangga muda bermanfaat mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan darah seperti anemia, penggumpalan darah, dan lain sebagainya. Kandungan vitamin C pada buah ini meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan membantu memproduksi sel darah baru.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Mangga muda memiliki kandungan pektin yang bermanfaat dalam mengatasi masalah pencernaan. Buah ini bisa membantu mengatasi diare, mulas, serta konstipasi. Bagi wanita hamil, mangga bisa membantu meredakan morning sickness.

Menurunkan Berat Badan

Mangga muda merupakan salah satu buah terbaik untuk menurunkan berat badan. Buah ini bisa meningkatkan metabolisme dan membakar lebih banyak kalori serta rendah gula.

Meningkatkan Energi

Mangga muda sebaiknya dikonsumsi setelah makan siang untuk membantu menghilangkan rasa ngantuk. Pasalnya, konsumsi mangga muda bisa memberi suntikan energi yang membuatmu terjaga.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mangga muda mengandung niacin atau vitamin B3 yang bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Niacin bisa meningkatkan tingkat kolesterol darah dan menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, serta serangan jantung.

Melindungi dari Dehidrasi

Konsumsi mangga muda bisa menurunkan efek dari sengatan sinar matahari dan mencegah dehidrasi. Mengonsumsinya bisa membantu tubuh menghentikan kehilangan berlebih sodium klorida dan zat besi.

Jaga Kesehatan Mulut

Kandungan vitamin C dari mangga muda cukup besar untuk mencegah berbagai penyakit mulut seperti gusi berdarah atau sariawan. Selain itu, buah ini juga bisa membantu mencegah bau napas tak sedap serta mencegah kerusakan gigi.

Walau memiliki sejumlah manfaat kesehatan, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Konsumsi berlebihan bisa berujung masalah pencernaan maupun iritasi tenggorokan. Disarankan untuk konsumsi satu buah mangga muda setiap hari serta jangan lupa untuk mengonsumsi air putih setelahnya. [RWP]

sumber : merdeka.com

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0