Manfaat Mencukur Bulu Kemaluan yang Mungkin Tak Anda Duga

SuratNews.ID | Mencukur rambut kemaluan bagi beberapa orang telah menjadi kebiasaan. Hal ini dilakukan dengan berbagai alasan, mulai dari mendukung segi estetika hingga kebersihan.

Di sisi lain, sebagian orang mempertanyakan pentingnya praktik pencukuran ini. Sebab, hal ini dikaitkan dengan efek yang dihasilkan. Misalnya, mencukur dikhawatirkan menyebabkan luka dan infeksi, serta menghilangkan fungsi perlindungan alat kelamin dari debu atau kotoran.

Sebenarnya, mencukur rambut kemaluan yang dilakukan dengan tepat dapat bermanfaat dari sisi kesehatan. Beberapa manfaat mencukur bulu kemaluan yaitu:

  1. Mudah Membersihkan Keringat dan Minyak
    Dengan mencukur rambut kemaluan, membersihkan minyak dan keringat pada area selangkangan dapat dilakukan dengan sempurna.

Bila minyak dan keringat tersisa di area rambut, hal ini dapat menyebabkan area tersebut lembap dan bakteri mudah berkembang biak. Kondisi ini bisa menimbulkan gatal, bengkak, kemerahan, dan lainnya.

  1. Mencegah Kutu Rambut Bersarang
    Menjaga rambut kemaluan tetap tipis akan mencegah bersarangnya tungau atau kutu kelamin (jenis Phthirus pubis).

Kutu umumnya akan berada di rambut. Jika rambut kemaluan dijaga tetap pendek, maka akan lebih sulit bagi kutu untuk berdiam di area kemaluan Anda.

  1. Mengurangi Bau Tidak Sedap
    Manfaat mencukur bulu kemaluan yang mungkin tak disangka adalah mencegah timbulnya bau tidak sedap di area selangkangan. Hal ini dikarenakan partikel kotoran dan sel-sel kulit mati mudah dibersihkan.
  2. Mudah Membersihkan Area Kemaluan
    Rambut kemaluan yang terlalu tebal dapat mengganggu proses pembersihan organ kelamin. Karena, rambut tebal tersebut bisa menghalangi air untuk langsung membilas organ intim, misalnya saat mandi dan membasuh setelah berkemih bagi wanita.
  3. Lebih Menarik Secara Seksual
    Beberapa orang lebih menyukai penampilan yang rapi dan bersih di area kelamin. Bagi mereka, mencukur bulu kemaluan dapat meningkatkan gairah untuk berhubungan seks.
  4. Mudah Menjaga Area Kemaluan Tetap Kering
    Kemaluan dengan rambut yang lebat butuh perhatian lebih untuk dikeringkan, misalnya setelah mandi. Oleh karena itu, mencukur bulu kemaluan bermanfaat memudahkan Anda menjaga area kelamin tetap kering.

Pasalnya, area lembap merupakan tempat ideal untuk pertumbuhan jamur. Jadi, kemaluan yang kering dapat membantu pencegahan infeksi jamur.

Hal yang penting untuk diperhatikan bila Anda ingin mencukur bulu kemaluan adalah pastikan kebersihan alat-alat yang digunakan. Paling baik, gunakan pisau cukur sekali pakai.

Selain itu, selalu berhati-hati ketika mencukur atau menggunting. Jangan lupa bersihkan rambut dengan sabun selesai mencukur.

Cukup banyak manfaat mencukur rambut kemaluan bagi kesehatan. Namun, hal ini tetap perlu dilakukan dengan hati-hati dan jangan berlebihan.

sumber : klikdokter.com

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *