Manfaat Luar Biasa Mengonsumsi Air yang Disimpan di Kendi Tanah Liat

SuratNews.ID | Pada masa lalu, wadah penyimpanan air yang digunakan pada banyak orang di Indonesia di masa lalu berbeda dari sekarang. Pada saat itu, belum ada galon bahkan botol plastik seperti sekarang. Penyimpanan air minum yang digunakan berupa kendi tanah liat.

Seiring berjalannya waktu, penggunaan kendi tanah liat ini mulai banyak ditinggalkan. Banyak orang beralih ke wadah yang terbuat dari kaca, plastik, atau juga besi.

Namun, tahukah kamu bahwa sesungguhnya menyimpan air di kendi tanah liat bisa memiliki efek menyehatkan? Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah manfaat mengonsumsi air yang disimpan di kendi tanah liat.

Air Terasa Lebih Dingin secara Alami

Pada masa lalu, sebelum kulkas ditemukan, menyimpan air di kendi diketahui bisa membantu mendinginkan air secara alami. Kendi bekerja dengan prinsip vaporasi yang membantu mendinginkan air. Bentuk dan bahan kendi juga membantu mendinginkan air secara bertingkat secara alami.

Baik untuk Tenggorokan

Air yang disimpan di kulkas kadang terlalu dingin bagi kita sedangkan air yang disimpan biasa terasa kurang segar. Air yang disimpan di kendi memiliki efek mendinginkan yang bersuhu tepat bagi tenggorokan sehingga tidak menimbulkan batuk dan pilek.

Mencegah Sengatan Matahari

Kepanasan atau tersengat matahari merupakan masalah yang rentan dialami banyak orang ketika hawa panas. Kandungan vitamin dan mineral dari air yang disimpan di kendi tanah liat membantu menjaga tingkat glukosa dalam tubuh serta tentunya tetap mendinginkan.

Mengandung Alkalin

Tanah liat memiliki kandungan alkalin yang dapat berpindah ke air dan menciptakan kadar pH yang seimbang saat kamu konsumsi. Hal ini bisa membantu menjaga masalah asam lambung dan mag menghilang ketika kamu mengonsumsi air yang disimpan di kendi.

Meningkatkan Metabolisme

Air di wadah plastik yang banyak digunakan sekarang bisa sangat berbahaya bagi tubuh ketika dikonsumsi. Sebaliknya, air yang disimpan di wadah kendi bisa menyeimbangkan tingkat testosteron dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Sejumlah manfaat kesehatan tersebut bisa kamu peroleh dari mengonsumsi air yang disimpan di kendi tanah liat. Pada bulan Ramadan seperti sekarang, air ini mungkin bisa jadi pilihan minuman yang segar untuk berbuka. [RWP]

sumber : merdeka.com

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *