Manfaat Kunyit, Jahe Merah dan Madu untuk Lambung

HomeKesehatan

Manfaat Kunyit, Jahe Merah dan Madu untuk Lambung

SuratNews.ID | Asam lambung merupakan gejala maag dengan kondisi lambung luka atau meradang. Dalam mengatasi masalah lambung, tanaman herbal telah menjadi andalan masyarakat sebagai alternatif pengobatan tradisional.

Apakah COVID-19 Bisa Menular Lewat Berenang
Makanan yang Bisa Mencegah Munculnya Gejala Alergi
Kemenkes Tegaskan Belum Ada Negara yang Produksi Obat atau Vaksin Covid-19

SuratNews.ID | Asam lambung merupakan gejala maag dengan kondisi lambung luka atau meradang. Dalam mengatasi masalah lambung, tanaman herbal telah menjadi andalan masyarakat sebagai alternatif pengobatan tradisional. Jika ditelaah banyak obat herbal yang efektivitasnya tidak kalah dibanding obat kimia.

Bahkan, Medical Manager Divisi Kalbe Consumer Health PT Kalbe Farma TBK, dr Helmin Agustina Silalahi mengatakan beberapa obat herbal dianggap lebih aman jika dibandingkan dengan obat kimia. Hal ini karena obat herbal mengandung bahan aktif yang lebih rendah. Namun, keduanya tetap memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

“Obat kimia biasanya memiliki data efikasi dan safety yang memadai, karena menggunakan bahan aktif biasanya kerjanya lebih cepat, berbeda dengan herbal yang terbuat dari ekstrak, di mana bahan aktifnya tidak sebanyak yang terdapat pada obat kimia,” ujarnya kepada detikcom baru-baru ini.

Menurut dr Helmin, untuk mengatasi gejala maag ada berbagai tanaman obat herbal yang dapat dicoba. Beberapa di antaranya memiliki efikasi yang baik untuk sakit maag dengan dibuktikan melalui pengujian, diantaranya kunyit, adas, akar manis,madu, jahe.

Kunyit dapat membunuh beberapa jenis bakteri pembuat luka pada lambung. Sementara, jahe diyakini dapat meredakan iritasi pada saluran cerna serta mengurangi kontraksi lambung, dan madu dapat mengurangi risiko terjadinya radang akibat serangan gangguan asam lambung. Perlindungan ini bahkan sampai kerongkongan, yang bisa mengalami penurunan fungsi akibat asam lambung.

“Kunyit termasuk tanaman herbal yang banyak digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit, dan bukti efikasi juga sudah banyak. Untuk mengatasi sakit maag, kunyit bekerja melalui efikasi sebagai antiperadangan sehingga dapat meredakan peradangan di lambung,” pungkasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, selain itu kandungan dalam kunyit dapat membantu menambah lapisan lambung sehingga tidak mudah iritasi oleh asam lambung. Dengan demikian lambung keasaman dan gas dalam lambung dapat diatasi.

Namun, jika Anda tak mau repot-repot bikin ramuan alami tersebut, kini tersedia obat herbal yang lebih praktis seperti Promag Herbal. Promag Herbal mengandung 8 bahan herbal yang dipercaya dapat mengatasi gangguan lambung, seperti kunyit, jahe merah, madu, Adas, Ananas, Akar Manis, dan daun mint. Dengan kemasan yang praktis, Promag Herbal dapat dengan mudah untuk dibawa dan dikonsumsi di mana saja.

sumber : detik.com

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: