Manfaat Jeruk Nipis dan Madu bagi Tubuh

SuratNews.ID | Jeruk nipis dan madu merupakan bahan alami yang dinilai bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Masing-masing bahan alami ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan kandungan yang luar biasa, kombinasi dari jeruk nipis dan madu akan memberikan manfaat yang jauh lebih besar.Campuran jeruk nipis dan madu akan membantu Anda untuk menjaga berat badan ideal.

Selain itu, kombinasi keduanya juga akan membantu Anda dalam mengatasi berbagai masalah pada wajah. Apa saja manfaat jeruk nipis dan madu ini? Berikut akan kami sajikan beberapa manfaat jeruk nipis dan madu yang bisa Anda rasakan.

Mengurangi Rasa Lapar

Manfaat jeruk nipis dan madu pertama dapat mengurangi rasa lapar. Melansir dari Liputan6, jeruk nipis memiliki kandungan serat larut dan serat tak larut. Kedua jenis serat ini bisa membuat tubuh Anda merasa kenyang tanpa memerlukan kalori yang berlebihan. Dengan begitu, Anda bisa menahan godaan untuk menyantap camilan atau makanan lain lagi.

Sedangkan madu memiliki kadar karbohidrat, sehingga dengan mengonsumsi madu setiap hari dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat Anda setiap harinya. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk mengurangi konsumsi makanan yang berkalori tinggi.

Minum madu dengan air hangat sebelum makan akan membantu menurunkan rasa lapar di perut. Jadi, dengan mengonsumsi campuran jeruk nipis dan madu, dapat membantu program diet Anda.

Membantu Pembakaran Lemak

Manfaat jeruk nipis dan madu yang kedua dapat membantu memaksimalkan pembakaran lemak. Kandungan antioksidan, asam sitrat, dan vitamin C yang ada pada jeruk nipislah yang bertanggung jawab atas manfaat ini.

Kandungan dalam jeruk nipis mampu mempercepat sistem metabolisme tubuh. Maka, ketika Anda melakukan aktivitas fisik, lemak dan gula dalam tubuh akan diubah menjadi sumber energi lebih cepat. Hal ini tentu sangat baik untuk membantu mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

Kemudian madu juga memiliki kadar karbohidrat yang rendah. Meski terasa manis, sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet rendah kalori. Untuk membakar lemak yang ada di tubuh, Anda bisa mengombinasikan manfaat jeruk nipis dan madu dalam program diet.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat jeruk nipis dan madu ketiga untuk membantu melancarkan pencernaan. Senyawa berupa flavonoid yang ada pada jeruk nipis dapat membantu Anda melancarkan pencernaan secara alami. Senyawa ini bisa bermanfaat bagi tubuh dengan meningkatkan produksi enzim diperlukan untuk mengurai makanan.

Gula alami dalam madu juga dapat membantu melancarkan sistem metabolisme pada tubuh, dengan membuang lemak dan menurunkan kolesterol. Gula alami dalam madu lebih baik dibandingkan gula atau pemanis buatan yang menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah.

Manfaat jeruk nipis dan madu keempat untuk mengatasi jerawat. Kombinasi jeruk nipis dan madu ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan pada wajah, salah satunya yaitu dengan mengatasi jerawat.

Melansir dari brilio.net, penambahan madu pada masker jeruk nipis dapat berguna untuk membuat peradangan pada jerawat agar mereda. Ini karena madu sebagai bahan antiseptik dapat menghilangkan bakteri pada jerawat.

Cara penggunaannya yakni dua sendok perasan jeruk nipis dicampur dengan 4 sendok makan madu murni. Aduk dua bahan hingga tercampur rata kemudian oleskan pada wajah untuk masker. Tunggu hingga sekitar 30 menit agar hasil maksimal.

Menyamarkan Flek Hitam

Manfaat jeruk nipis dan madu kelima untuk menyamarkan flek hitam. Kandungan nutrisi yang ada dalam madu bukan hanya membuat kulit wajah bebas dari flek hitam saja. Namun juga bisa juga membuat kulit menjadi lembut. Sedangkan kandungan pada jeruk nipis dapat membuat sel kulit mati terangkat dengan baik dan flek hitam secara perlahan menjadi samar.

Cara memanfaatkan jeruk nipis dan madu yakni, siapkan 3 sendok makan madu murni dan 1 sendok makan air jeruk nipis. Campur kedua bahan hingga rata dan oleskan pada wajah. Oleskan perlahan menggunakan tangan dan diamkan sekitar 10-15 menit agar lebih meresap dalam kulit. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Kamu bisa menggunakan masker ini satu kali dalam seminggu.

Manfaat jeruk nipis dan madu yang terakhir untuk mengatasi wajah. Jeruk nipis kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang di dalamnya terkandung asam alpha hidroksida yang dapat menangkal radikal bebas di dalam kulit.

Gunakan ramuan jeruk nipis dan madu ini sebagai masker. Dengan 1 sendok makan perasan jeruk nipis ditambah dengan 2 sendok madu murni yang dicampur hingga rata. Aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Setelah didiamkan beberapa saat bilas dengan air bersih. Selain mengurangi minyak berlebih, penggunaan ramuan ini bisa untuk mengecilkan pori-pori.

sumber : merdeka.com

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *