Kesehatan Makanan yang Bisa Bantu Sehatkan Gigi

Makanan yang Bisa Bantu Sehatkan Gigi

-

- Advertisment -

SuratNews.ID | Mengonsumsi banyak buah dan sayuran dapat membersihkan dan menghilangkan lapisan ekstra plak di sekitar gigi sehingga menjaga keseluruhan mulut juga tetap sehat. Dilansir di laman Pinkvilla, seorang dokter gigi, dr Tanvir Singh, B.D.S., M.D.S. (Ortho) mengatakan buah bisa menjadi ‘sikat gigi’ alami yang membantu membersihkan plak dan karang gigi dari gigi.

Dia mencontohkan buah apel dan sayuran renyah seperti wortel dan seledri juga mampu mengurangi bakteri penyebab gigi berlubang. “Itu juga bisa meningkatkan aliran air liur sebagai gantinya menjaga rongga mulut tetap bersih dan sehat,” kata dia.

Ada beberapa makanan yang juga disarankan untuk dikonsumsi, yakni:

Vitamin C

Buah dan sayuran yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, lemon, mint, mentimun, ketumbar, nanas, dan pir, sangat bagus untuk kesehatan gigi. Vitamin C adalah salah satu faktor kunci dalam kesehatan periodontal dan menjaga gigi tetap kuat. Ini juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh, yang pada gilirannya membantu melawan infeksi di rongga mulut.

Beri

Dr Tanvir menjelaskan, jenis beri mengandung enzim asam malat, yang dapat mendukung kesehatan bagi gigi. Gosok stroberi langsung ke gigi, atau buat pasta dan oleskan pada gigi.

Teh hijau atau hitam

Teh hijau adalah salah satu minuman sehat, tidak hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi ternyata teh hijau juga bagus untuk gigi. Dr Tanvir mengatakan teh hijau dan hitam mengandung polifenol yang berinteraksi dengan bakteri plak. Kandungannya dapat membunuh atau menahan bakteri agar tidak menyerang gigi.

sumber : republika.co.id

(0)

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Gempa Magnitudo 6,2 Majene, Kantor Gubernur Sulbar Ambruk

Sejumlah bangunan turut terdampak gempa magnitudo 6,2 yang mengguncang wilayah Majene, Sulawesi Barat, Jumat (15/1) dini hari.

Arie Kriting Menikah

Komedian Arie Kriting akhirnya buka suara setelah resmi menikah dengan aktris Indah Permatasari.

Manfaat Jeruk Nipis dan Madu bagi Tubuh

Jeruk nipis dan madu merupakan bahan alami yang dinilai bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Masing-masing bahan alami ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mamuju Diguncang Gempa M5,9

Dua rumah warga Mamuju mengalami kerusakan saat gempa M5,9 terjadi pada Kamis siang (14/1/2021), pukul 13.35 WIB.
- Advertisement -

Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia

Ustadz Yusuf Mansur membenarkan kabar meninggalnya Ulama Syekh Ali Jaber. Lewat unggahan di akun Instagram pribadinya, @yusufmansurnew, disebut Ali Jaber meninggal dunia pada Kamis, 14 Januari 2021, pukul 08.30 WIB.

Ngaku Ulama Tapi Berbohong, Jahat!

Politisi PKB Luqman Hakim baru saja menyoroti pemberitaan yang menyebut Habib Rizieq Shihab sempat positif Covid-19 tetapi mengaku sehat.

Must read

Gempa Magnitudo 6,2 Majene, Kantor Gubernur Sulbar Ambruk

Sejumlah bangunan turut terdampak gempa magnitudo 6,2 yang mengguncang wilayah Majene, Sulawesi Barat, Jumat (15/1) dini hari.

Arie Kriting Menikah

Komedian Arie Kriting akhirnya buka suara setelah resmi menikah dengan aktris Indah Permatasari.
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you