Kesehatan Makanan Sehat untuk Atasi Wasir atau Ambeien

Makanan Sehat untuk Atasi Wasir atau Ambeien

-

- Advertisment -

SuratNews.ID | Konsumsi makanan yang tepat dapat dijadikan sebagai cara alami mengatasi wasir. Ini beberapa pilihan makanan untuk penderita wasir atau ambeien.Terasa nyeri di bagian anus ketika Anda duduk? Awas, bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa Anda mengalami penyakit wasir atau ambeien.

Wasir atau ambeien, yang dalam bahasa medis disebut hemoroid, adalah suatu kondisi terjadinya pelebaran pembuluh darah yang berlokasi di sekitar anus.

Kondisi tersebut bisa terjadi akibat mengejan terlalu keras, duduk terlalu lama, obesitas, kehamilan, atau kurang konsumsi makanan berserat.

Pada umumnya, wasir dapat memang dapat hilang dengan sendirinya. Namun, kondisi ini bisa tetap mengganggu bahkan menurunkan kualitas hidup penderitanya. Karena itu, akan lebih baik jika Anda melakukan upaya untuk mengatasi wasir.

Nah, salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi wasir atau ambeien adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa pilihan makanan penyembuh wasir.

1. Yoghurt
Menurut penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center, yoghurt dapat mencegah sekaligus mengobati wasir.

Ini karena makanan fermentasi tersebut mengandung probiotik yang dapat membantu menjaga kesehatan dan membantu fungsi kerja usus.

Agar lebih efektif, cobalah mengonsumsi yoghurt yang mengandung kultur aktif seperti lactobacillus bifidus.

2. Brokoli
Brokoli dikatakan sebagai makanan sehat untuk wasir karena mengandung kadar serat tinggi.

Serat pada brokoli bahkan dapat membantu merangsang pergerakan usus sehingga Anda akan lebih mudah buang air besar.

Oleh karena itu, brokoli yang dikonsumsi secara rutin dan teratur dapat membantu mencegah sekaligus mengobati penyakit wasir yang Anda alami

3. Seledri

Seledri adalah jenis sayuran hijau yang mengandung serat dan air dalam kadar yang tinggi.

Dengan mengonsumsi seledri dalam jumlah tepat setiap hari, pergerakan usus akan menjadi lebih optimal sehingga buang air besar juga akan lebih lancar.

Adanya manfaat tersebut membuat seledri digolongkan sebagai makanan penyembuh wasir.

4. Pisang
Pisang dikatakan sebagai makanan sehat untuk wasir berkat kandungan serat pektin dan pati di dalamnya.

Pasalnya, kedua senyawa tersebut terbukti berperan aktif dalam mencegah sekaligus mengurangi keparahan gejala wasir atau ambeien yang Anda alami.

5. Apel

Apel adalah makanan yang baik untuk penderita wasir, karena mengandung kadar serat yang cukup tinggi.

Serat yang dimiliki apel mampu membuat tekstur feses menjadi lebih lunak sehingga dapat mencegah sekaligus mengobati gejala ambeien yang dialami.

Guna mendapatkan manfaat ini, pastikan untuk mengonsumsi apel bersama dengan kulitnya.

Sebelum itu, jangan lupa untuk mencuci apel dengan air mengalir, agar kotoran yang menempel sepenuhnya hilang.

6. Legum
Legum atau polong-polongan, seperti lentil, kedelai, kacang tanah, dan buncis adalah makanan berserat tinggi yang dapat membantu mencegah sekaligus mengatasi wasir atau ambeien.

7. Gandum

Biji gandum mengandung komposisi serat yang cukup tinggi. Dengan mengonsumsi makanan berbahan dasar gandum, saluran pencernaan Anda akan lebih sehat dan feses pun akan lebih mudah untuk dikeluarkan.

Hal ini dapat membantu mencegah sekaligus mengobati penyakit wasir atau ambeien yang Anda alami.

8. Popcorn
Siapa sangka, popcorn yang biasa dinikmati saat nonton bioskop juga tergolong sebagai makanan sehat untuk wasir.

9. Popcorn mengandung serat yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Untuk merasakan manfaat tersebut, hindari menambahkan garam atau mentega ke dalam popcorn yang Anda konsumsi.

10. Ubi

Selain mengandung serat yang sangat tinggi, ubi juga dapat dijadikan sebagai pengganti nasi.

Jenis umbi-umbian yang satu ini bahkan dapat membantu merangsang kelancaran buang air besar.

Selain itu, jika Anda sedang menurunkan berat badan, ubi juga merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai sumber karbohidrat alternatif, lho!.

11. Air Putih
Mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap hari juga penting untuk mencegah sekaligus mengobati wasir.

Secara umum, orang dewasa dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas dalam sehari.

Jika aktivitas yang dilakukan membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat, tambahkan sedikit jumlah air putih yang Anda konsumsi sehari-hari.

Itu dia beberapa makanan penyembuh wasir yang bisa Anda jadikan pilihan. Tetap ingat untuk memerhatikan porsinya saat dikonsumsi, agar tidak berlebihan. Jangan lupa juga untuk imbangi konsumsi makanan sehat untuk wasir dengan rutin berolahraga dan menjaga berat badan tetap ideal.

Penulis : dr. Rio Aditya
Sumber : klikdokter.com

(2)

dedi wahyu
Author: dedi wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Diduga Terima Rp9,8 Miliar

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan total uang yang diterima oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo di dalam rekening penampung sebesar Rp9,8 miliar.

Hasil Lengkap dan Klasemen Liga Inggris

Persaingan di papan atas Liga Inggris 2020-2021 semakin sengit setelah Liverpool sukses menuai tiga poin dari Leicester City pada matchday kesembilan.

Miguel Oliveira Juara MotoGP Portugal 2020

Hasil MotoGP Portugal sudah bisa disimak. Rider tuan rumah, Miguel Oliveira, yang menjadi juaranya di seri pamungkas MotoGP 2020.

Pangdam Jaya : Kalau Perlu FPI Bubarkan

Panglima Kodam (Pangdam) Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman berbicara tentang pencopotan baliho Habib Rizieq oleh prajurit TNI yang dia sebut atas perintahnya.
- Advertisement -

Hotman Paris Menang Lelang Popcorn Emas

Nama Chef Arnold dan pengacara kondang Hotman Paris Hutapea tengah menjadi perbincangan hangat saat ini. Bukan tanpa alasan, Hotman Paris baru saja memenangkan lelang popcorn “emas” buatan tangan Chef Arnold yang dibuka di Instagram.

Diperiksa Selama 9 Jam di Polda Metro Jaya, Ini Kata Anies

Gubernur DKI Anies Baswedan telah selesai menjalani pemeriksaan klarifikasi di Polda Metro Jaya pada Selasa malam, 17 November 2020.

Must read

Diduga Terima Rp9,8 Miliar

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan total uang yang diterima oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo di dalam rekening penampung sebesar Rp9,8 miliar.

Hasil Lengkap dan Klasemen Liga Inggris

Persaingan di papan atas Liga Inggris 2020-2021 semakin sengit setelah Liverpool sukses menuai tiga poin dari Leicester City pada matchday kesembilan.
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you