Beranda Kesehatan Jaga Kesehatan Gigi dan Gusi dengan Obat Kumur

Jaga Kesehatan Gigi dan Gusi dengan Obat Kumur

0
6

SuratNews.ID | Kesehatan gigi dan gusi penting untuk senantiasa dijaga agar tidak menimbulkan penyakit. Namun, menjaga kesehatan gigi dan gusi tidak dapat dilakukan hanya dengan menyikat gigi setiap hari. Anda juga perlu menggunakan obat kumur untuk membersihkan gigi dan gusi secara menyeluruh dan efektif.

Sisa makanan yang tertinggal di sela gigi dapat menumpuk dan membentuk plak yang menempel pada gigi. Zat asam yang terdapat di dalam plak tersebut dapat mengikis email atau lapisan luar gigi secara perlahan dan menyebabkan masalah pada gigi, seperti gigi berlubang dan radang gusi (gingitivis).

Pentingnya Obat Kumur untuk Kesehatan Gigi dan Gusi
Agar kesehatan gigi dan gusi tetap terjaga dan terhindar dari sakit gigi, Anda disarankan untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan gusi. Hal ini dapat Anda lakukan, mulai dari rutin menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur, serta berkumur dengan obat kumur atau mouthwash setelahnya.

Berbagai penelitian membuktikan bahwa mouthwash atau obat kumur dapat membersihkan sisa makanan di area gigi atau mulut yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Tak hanya itu, obat kumur juga dapat menghilangkan atau mengendalikan jumlah bakteri jahat di dalam mulut.

Dengan demikian, pembentukan plak pada gigi penyebab masalah gigi dan mulut pun akan berkurang.

Namun, perlu Anda ingat bahwa penggunaan obat kumur untuk kesehatan gigi dan gusi ini harus disertai dengan menyikat gigi secara rutin setidaknya 2 kali sehari dan menggunakan benang gigi untuk menghilangkan sisa makan yang terselip di sela gigi.

Berbagai Kandungan dalam Obat Kumur dan Manfaatnya
Agar kesehatan gigi dan gusi terjaga dengan baik, Anda disarankan untuk menggunakan obat kumur yang mengandung bahan-bahan aktif berikut ini:

Fluoride
Rutin berkumur dengan obat kumur yang mengandung fluoride terbukti dapat membantu mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang. Tak hanya itu, fluoride juga berfungsi untuk melapisi kembali email gigi, mencegah hilangnya mineral dari email gigi, dan menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya di dalam mulut.

Minyak esensial
Obat kumur yang mengandung minyak esensial tea tree oil atau ekstrak tanaman lain, seperti daun thyme, mint, dan siwak, mengandung zat kimia thymol, methyl salicylate, menthol, atau eucalyptol.

Zat-zat tersebut memiliki sifat antiseptik yang dapat melindungi mulut dari radang gusi (gingivitis) dan sakit gigi, serta mengurangi pembentukan plak pada gigi.

Teh hijau
Teh hijau mengandung senyawa yang dipercaya dapat melapisi kembali email gigi, mengurangi plak dan pertumbuhan bakteri jahat di rongga mulut, serta menurunkan tingkat keasaman air liur. Oleh karena itu, ekstrak teh hijau banyak digunakan sebagai kandungan obat kumur.

Selain dengan rutin menyikat gigi dan menggunakan obat kumur, jangan lupa juga untuk rutin pergi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk memeriksakan dan membersihkan gigi. Yuk, jaga kesehatan gigi dan gusi Anda mulai dari sekarang.

sumber : alodokter.com

(0)

dedi wahyu
Author: dedi wahyu

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here