Berita Inilah Cara Mudah Download File dari Google Drive

Inilah Cara Mudah Download File dari Google Drive

-

- Advertisment -

SuratNews.ID | Google Drive merupakan salah satu layanan dari Google yang mengizinkan pengguna menyimpan file dalam server mereka, mensinkronisasikan file antar perangkat dan membagikannya. Google Drive juga menyediakan aplikasi offline untuk PC dan smartphone untuk kemudahan akses atau sinkronisasi file.

Dalam Google Drive kalian dapat membuat file dalam Google Docs, Google Sheets dan Google Slides yang bisa kalian edit dalam web atau aplikasi, juga kemampuan edit bersama rekan dalam file yang sama.

Sejarah Google Drive

Berada di bawah naungan Google yang merupakan perusahaan teknologi besar yang bekerja dalam bidang yang terkait dengan internet dan produk seperti komputasi awan seperti Google Drive. Google Drive diluncurkan pertama kali pada 24 April 2012. Tercatat pada Juli 2018 Google Drive telah memiliki lebih dari 1 milyar pengguna di seluruh dunia.

Google Drive memberikan kapasitas penyimpanan gratis 15 GB untuk setiap pengguna. Selain itu, Google Drive juga menawarkan paket langganan 100 GB, 200 GB, 2 TB, 10 TB, 20 TB dan 30 TB dengan harga kisaran Rp 269.000 sampai Rp 3.900.000 per bulan atau Rp 269.000 sampai Rp 1.350.000 per tahun (hanya untuk paket 100 GB sampai 2 TB).

Pada Mei 2017 ada 3 triliun file yang tersimpan dalam layanan Google. Layanan komputasi awan seperti Google Drive sudah menjadi pilihan yang memudahkan kita untuk mengakses file di mana saja dan kapan saja tanpa harus ada batasan perangkat.

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa kalian bisa mengakses Google Drive di PC atau smartphone kalian. Pada bagian ini Carisinyal akan menunjukkan bagaimana caranya mengunduh file Google Drive lewat PC.

  • Pertama pergi ke link file Google Drive yang ingin kalian unduh. Jika file yang kalian untuk berupa folder, maka link akan berawalan drive.google.com/drive/folders. Sedangkan awalan untuk file yang bisa diedit dalam Google Drive seperti .docx, .xlsx atau .pptx adalah docs.google.com/document, docs.google.com/spreadsheets dan docs.google.com/presentation secara berurutan. Jika file berbentuk selain dokumen link akan memiliki awal seperti drive.google.com/file.
  • Jika link file Google Drive membawa kalian ke dalam folder atau jenis file yang tidak bisa diedit maka kalian bisa langsung mengunduh file tersebut. Kalian bisa menyorot file yang ingin kalian download lalu klik ikon panah ke bawah untuk mengunduh file ke dalam perangkat kalian.
  • Atau kalian juga bisa mengklik file yang ingin kalian unduh. Nanti akan muncul preview dari file tersebut dan klik tombol panah ke bawah yang ada di kanan atas untuk mengunduh file yang kalian inginkan.
  • Bila kalian ingin mengunduh semua file yang ada dalam folder kalian bisa klik DOWNLOAD ALL atau DOWNLOAD SEMUA jika pengaturan komputer kalian dalam Bahasa Indonesia, lalu Google Drive akan mengkompres file kalian dalam format .zip untuk bisa kalian ekstrak nantinya. Setelah proses kompres selesai maka otomatis file akan terunduh ke dalam perangkat kalian.
  • Jikalau file Google Drive berbentuk file satuan yang tidak bisa disunting maka Google Drive akan langsung menampilkan preview file tersebut, sama seperti preview satu file yang kalian pilih dalam folder pada contoh sebelumnya. Untuk mengunduhnya kalian cukup mengklik tombol panah ke bawah dan file tersebut akan langsung terunduh.
  • Apabila file Google Drive kalian dalam bentuk dokumen yang dapat disunting kalian bisa klik menu File. Lalu sorot Download. Kemudian klik format file yang ingin kalian unduh. Walaupun contoh di bawah menunjukkan Google Spreadsheet yang bisa diunduh dengan format .xlsx, cara ini juga bisa berlaku baik untuk Google Docs maupun Google Slides.

Cara Download File Google Drive Lewat Smartphone Tanpa Aplikasi

Tak perlu khawatir jika kalian tidak bisa mengakses file Google Drive lewat PC karena kalian tetap bisa mengakses file lewat smartphone kalian. Pada bagian ini Carisinyal akan membagikan cara mengunduh file Google Drive lewat smartphone tanpa aplikasi.

  • Jika kalian tidak memiliki aplikasi Google Drive dalam smartphone kalian, link file Google Drive akan membawa kalian ke browser smartphone kalian. Pada versi web mobile kalian hanya bisa mengunduh file satu persatu karena versi mobile tidak mendukung kompres file.
  • Untuk mengunduh file, klik pada file yang ingin kalian unduh. Setelah muncul preview file klik tanda panah ke bawah yang ada pada kanan atas.
  • Namun jika kalian ingin mengunduh semua file yang ada dalam folder kalian bisa pindah ke mode desktop. Klik setting pada browser kalian, biasanya tombol setting berbentuk titik tiga berurut ke bawah atau list, kemudian klik pilihan desktop untuk mengubah mode browser menjadi desktop. Lalu klik DOWNLOAD ALL atau DOWNLOAD SEMUA jika smartphone kalian dalam pengaturan Bahasa Indonesia.
  • Untuk file yang tidak bisa disunting, saat kalian membuka link menggunakan browser maka tampilannya akan sama seperti desktop. Akan ada preview dan kalian cukup klik tombol panah ke bawah untuk mengunduh file tersebut.
  • Dengan mode mobile kalian tidak bisa mengunduh jenis file yang bisa disunting. Namun kalian bisa mengubah mode browser menjadi desktop untuk bisa mengunduhnya. Klik setting browser lalu pilih mode desktop. Setelah halaman berubah menjadi mode desktop, klik menu File lalu klik Download lalu pilih format file yang ingin kalian unduh.

Cara Download File Google Drive Lewat Aplikasi Smartphone

Tentu saja akan lebih memudahkan jika kalian memiliki aplikasi Google Drive dalam smartphone kalian. Kalian bisa download Google Drive di iOS atau Play Store.

  • Setelah kalian mengunduh dan memasang aplikasi Google Drive ke dalam smartphone, kalian bisa membuka link Google Drive lewat aplikasi tersebut. Untuk bentuk file folder kalian bisa mengunduh satu per satu atau semua file seperti mode desktop sebelumnya.
  • Apabila kalian ingin mengunduh satu file, klik file yang ingin kalian unduh. Lalu setelah preview file muncul klik More (bentuk titik tiga berurut vertikal), kemudian pilih Download. Maka file akan terunduh ke dalam smartphone kalian.
  • Jika kalian ingin mengunduh banyak file sekaligus kalian bisa tap lalu tahan file kemudian pilih file mana saja yang akan kalian unduh. Setelah itu klik tombol More lalu pilih Download.
  • Sedangkan untuk file satuan yang tidak bisa disunting akan langsung muncul preview. Klik tombol More lalu pilih Download untuk mengunduh file.
  • Sama seperti file yang tidak bisa disunting. Kalau kalian membuka file yang bisa disunting kalian bisa mengunduhnya dengan mengklik tombol More lalu pilih Download.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mengunduh file Google Drive baik lewat desktop PC serta ponsel dengan atau tanpa aplikasi Google Drive.

sumber : carisinyal.com

(0)

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Diduga Terima Rp9,8 Miliar

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan total uang yang diterima oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo di dalam rekening penampung sebesar Rp9,8 miliar.

Hasil Lengkap dan Klasemen Liga Inggris

Persaingan di papan atas Liga Inggris 2020-2021 semakin sengit setelah Liverpool sukses menuai tiga poin dari Leicester City pada matchday kesembilan.

Miguel Oliveira Juara MotoGP Portugal 2020

Hasil MotoGP Portugal sudah bisa disimak. Rider tuan rumah, Miguel Oliveira, yang menjadi juaranya di seri pamungkas MotoGP 2020.

Pangdam Jaya : Kalau Perlu FPI Bubarkan

Panglima Kodam (Pangdam) Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman berbicara tentang pencopotan baliho Habib Rizieq oleh prajurit TNI yang dia sebut atas perintahnya.
- Advertisement -

Hotman Paris Menang Lelang Popcorn Emas

Nama Chef Arnold dan pengacara kondang Hotman Paris Hutapea tengah menjadi perbincangan hangat saat ini. Bukan tanpa alasan, Hotman Paris baru saja memenangkan lelang popcorn “emas” buatan tangan Chef Arnold yang dibuka di Instagram.

Diperiksa Selama 9 Jam di Polda Metro Jaya, Ini Kata Anies

Gubernur DKI Anies Baswedan telah selesai menjalani pemeriksaan klarifikasi di Polda Metro Jaya pada Selasa malam, 17 November 2020.

Must read

Diduga Terima Rp9,8 Miliar

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan total uang yang diterima oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo di dalam rekening penampung sebesar Rp9,8 miliar.

Hasil Lengkap dan Klasemen Liga Inggris

Persaingan di papan atas Liga Inggris 2020-2021 semakin sengit setelah Liverpool sukses menuai tiga poin dari Leicester City pada matchday kesembilan.
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you