Hindari Lima Kebiasaan Makan Ini

SuratNews.ID | Tahun baru harus ada resolusi yang baru. Kebanyakan orang membuat resolusi kesehatan dengan mengubah pola makan jadi lebih sehat untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Selain itu, juga agar terhindar dari berbagai penyakit kronis. Banyak ahli gizi yang menyarankan untuk memulai dengan menghindari kebiasaan makan dan minum yang tidak sehat.

Sebab pola makan yang sekarang dapat memberikan manfaat pada masa tua yang akan datang. Mulai dari awet muda, sehat dan panjang umur.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 5 kebiasaan makan yang harus dihilangkan:

  1. Hindari Makanan Cepat Saji

Tahukah kamu mengapa makanan cepat saji berbahaya dikonsumsi? Itu karena makanan cepat saji memiliki kandungan yang tinggi pada gula, garam, lemak, dan kolesterol.

Ada kandungan lemak jenuh dan tak jenuh tunggal yang dapat menyebabkan obesitas. Selain itu, juga bisa menyebabkan penyakit lainnya seperti diabetes, jantung dan kanker.

Kebanyakan makanan cepat saji dimasak dengan cara digoreng menyebabkan kolesterol tinggi. Untuk resolusi di tahun 2022, ubah pola makan dengan menghindari kebiasaan makan makanan cepat saji.

  1. Menghindari Produk Roti

Pengonsumsian roti juga harus dikurangi. Itu karena roti merupakan karbohidrat olahan yang bisa menghambat proses penurunan berat badan. Roti juga mengandung kalori dalam jumlah yang tinggi.

Sementara produk roti kebanyakan dibuat dengan campuran banyak gula. Terlalu banyak mengonsumsi roti-rotian bisa menyebabkan obesitas hingga penyakit jantung.

Jika ingin lebih sehat, sebagai alternatifnya kamu bisa memilih roti gandum. Roti gandum mengandung kalori dalam jumlah yang rendah, sehingga aman bagi pelaku diet.

  1. Konsumsi Kacang-kacangan Sebagai Makanan Penutup

Biasanya orang mengonsumsi makanan manis sebagai makanan penutup. Ahli gizi di New York, Willow Jarosh menyarankan untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Ubah pola makan yang lebih sehat dengan mengonsumsi kacang-kacangan atau biji-bijian sebagai makanan penutup. Pola makan ini dapat mengurangi kebiasaan makan gula.

Menurut Willow, mengonsumi kacang setelah makanan berat akan memberikan asupan serat untuk menjaga kesehatan jantung. Tidak seperti makanan manis yang justru bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

  1. Mengurangi Makanan Olahan

Makanan olahan adalah makanan yang dibuat dengan melewati proses kimiawi, seperti pemanasan, pengeringan, pengalengan, pembekuan dan pengemasan.

Umumnya, makanan olahan biasanya mengandung karbohidrat sederhana yang cukup tinggi. Karbohidrat ini dapat cepat dipecah dalam saluran pencernaan.

Kondisi itu menyebabkan kadar gula darah dan insulin dapat melonjak tinggi dan cepat, sehingga dapat menyebabkan penyakit diabetes, seperti yang dikutip dari Medical News Today.

  1. Hindari Minuman Alkohol

Jika ingin hidup lebih sehat dan panjang umur, sebaiknya sesegera mungkin hilangkan kebiasaan minum minuman beralkohol dari gaya hidup kamu. Minuman alkohol dapat menimbulkan beberapa penyakit.

Alkohol dapat merusak organ di dalam tubuh, seperti hati atau liver. Sementara organ tersebut berfungsi untuk membantu proses pencernaan makanan dan menetralkan racun dalam tubuh.

Tak hanya hati saja, kerusakan pada otak juga bisa dialami bila keseringan minum minuman alkohol. Jika kebiasaan ini terjadi maka bisa mengalami amnesia dan demensia.

sumber : detik.com

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.