Erick Thohir Banyak Rombak Direksi dan Komisaris BUMN

HomeBerita

Erick Thohir Banyak Rombak Direksi dan Komisaris BUMN

SuratNews.ID | Menteri BUMN Erick Thohir terus melakukan bongkar pasang jajaran direksi dan komisaris perusahaan pelat merah, dalam Rapat Umum Pemega

Rencana Erick di Tim Pemulihan dan Penanganan Covid
Mitos Hagia Sophia: Dibangun Sulaiman Didatangi Khidhir
Raih Penghargaan Dosen Terbaik di Jerman Seorang Profesor Dari Indonesia

SuratNews.ID | Menteri BUMN Erick Thohir terus melakukan bongkar pasang jajaran direksi dan komisaris perusahaan pelat merah, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2020.

Sejak Kamis pekan lalu hingga kemarin, Kamis (11/6), ada 10 BUMN yang dirombak. Mulai dari BUMN karya hingga BUMN pertambangan.

1. PT Adhi Karya Tbk (Persero) atau ADHI

Pada RUPST yang digelar Kamis (4/6), Erick merombak Direksi dan Komisaris Adhi Karya. Di jajaran direksi, Erick mencopot Budi Harto dari jabatan direktur utama. Posisinya digantikan Entus Asnawi Mukhson.

Selain itu, posisi Direktur Operasi 1 juga diganti dari sebelumnya Budi Saddewa Soediro menjadi Suko Widigdo.

Erick juga mencopot Fadjroel Rachman sebagai komisaris utama yang diganti Dodi Usoho Hargo. Selain Fadjroel, ada tiga komisaris lainnya yang juga dicopot dari kursi komisaris, yakni Bobby A A Nazief, Wicipto Setiadi, dan Rildo Ananda Anwar.

2. PT PP Tbk (Persero) atau PTPP

Di hari yang sama dengan Adhi Karya, Erick juga merombak jajaran direksi dan sebagian komisaris di PT PP (Persero) Tbk atau PTPP. Termasuk mengganti direktur utama dari yang sebelumnya Lukman Hidayat digantikan Novel Arsyad.

Direktur Strategi Korporasi dan HCM diganti dari M Aprindy menjadi Yuri Ari Pramuraharjo. Lalu, Direktur Operasi 3 diganti dari Abdul Haris Tatang menjadi Eddy Herman Harun.

3. PT Hutama Karya (Persero) atau HK

Sehari setelah merombak Adhi dan PTPP, Erick merombak jajaran pengurus PT Hutama Karya (Persero), Jumat (5/6). Dalam perombakan siang ini, dia mencopot Bintang Perbowo dari jabatan direktur utama.

Jabatan Bintang digantikan Budi Harto yang kemarin baru saja dicopot dari posisi Dirut Adhi Karya. Selain Bintang, semua jajaran direksi diganti kecuali Aloysius Kiik Ro di jabatan wakil direktur utama dan Suroto di jabatan direktur.

Sementara di jajaran komisaris, Erick tak merombak sama sekali. Ketujuh komisaris masih menempati posisi yang sama.

4. PT Waskita Karya Tbk (Persero) atau WSKT

Setelah mencopot Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo, di hari yang sama Erick juga mengganti Direktur Utama PT Waskita Karya Tbk (Persero) atau WSKT.

Erick mencopot dua direktur yaitu I Gusti Ngurah Putra dari jabatan direktur utama dan posisinya digantikan Destiawan Soewardjono. Lalu, Haris Gunawan dari jabatan direktur keuangan yang digantikan Taufik Hendra Kusuma.

Di jajaran komisaris, Erick juga mencopot dua orang yaitu Agus Sartono dari jabatan komisaris. Di posisi ini, Erick lantas mengangkat M. Fadjroel Rachman yang merupakan Juru Bicara Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, Fadjroel menjabat cukup lama sebagai Komisaris Utama Adhi Karya yang dicopot Erick kemarin. Sedangkan satu jabatan komisaris independen diganti dari yang sebelumnya dijabat Aqil Irham, kini diisi Bambang Setyo Wahyudi. Perombakan dilakukan di Hotel Teraskita, Cawang, Jakarta.

5. PT Wijaya Karya Tbk (Persero) atau WIKA

Pada Senin (8/6), Erick melanjutkan perombakan BUMN karya. Kali ini giliran pengurus PT Wijaya Karya Tbk (Persero) atau WIKA yang dirombak, hampir semua direktur dan komisaris kena.

Erick mencopot enam direktur termasuk Direktur Utama Tumiyana. Dia digantikan Agung Budi Waskito. Agung sebelumnya menjabat Direktur Operasi I WIKA alias naik jabatan. Sedangkan posisi Agung Budi diisi Hananto Aji.

Direktur Quality, Health, Safety, and Environment diganti dari sebelumnya Danu Prijambodo menjadi Rudy Hartono. Sedangkan Direktur Human Capital dan Pengembangan diganti menjadi Mursyid karena Novel Arsyad menjadi Dirut PT PP Tbk (Persero).

Direktur Operasi II diganti menjadi Harum Akhmad Zuhdi dari sebelumnya Bambang Pramudjo. Terakhir, Direktur Operasi III diganti menjadi Sugeng Rochadi karena Destiawan Soewardjono jadi Dirut PT Waskita Karya Tbk (Persero).

Hanya Direktur Keuangan Ade Wahyu yang tak bergeser. Di posisi empat komisaris, Erick juga merombak banyak orang, salah satunya komisaris utama Imam Santoso digantikan Jarot Widyoko.

Tiga kursinya yang diganti adalah Komisaris Freddy Saragih menjadi Firdaus Ali. Lalu Komisaris Independen diganti Adityawarman dari sebelumnya Achmad Hidayat dan Komisaris Independen Harris Arthur Hedar dari sebelumnya Illiana Arifiandi.

6. PT Bukit Asam Tbk (Persero) atau PTBA

Erick juga merombak jajaran Direksi dan Komisaris PT Bukit Asam Tbk (Persero) atau PTBA. Perombakan dilakukan dalam RUPST di Jakarta, Rabu (10/6).

Dalam perombakan itu, Erick mengangkat Hadis Surya Palapa sebagai direktur operasi dan produksi menggantikan Suryo Eko Hadianto. Hadis sebelumnya merupakan Sekretaris Perusahaan PTBA. Jabatan itu belum lama diembannya.

Di jajaran komisaris, Erick mencopot empat orang. Mereka adalah Soenggoel Pardamean Sitorus dari jabatannya sebagai komisaris independen, Robert Heri sebagai komisaris, Taufik Madjid sebagai komisaris, dan Heru Setyobudi Suprayoga sebagai komisaris.

“Hasil RUPS mengangkat E. Piterdono HZ, Carlo Brix Tewu, dan Irwandy Arif sebagai komisaris. Sedangkan Andi Pahril Pawi diangkat sebagai komisaris independen,” demikian tertulis dalam rilis PTBA yang diterima kumparan, Rabu (10/6).

7. PT Aneka Tambang Tbk (Persero) atau Antam

Dalam RUPST 2020 untuk laporan kinerja 2019, Erick memberhentikan dengan hormat satu orang yaitu Zaelani dari jabatannya sebagai komisaris. Posisi tersebut digantikan oleh Bambang Sunarwibowo.

“Dewan Komisaris dan Direksi ANTAM mengucapkan terima kasih kepada Bapak Zaelani atas dedikasi dan dukungannya kepada ANTAM selama menjabat sebagai Komisaris ANTAM,” demikian tertulis dalam rilis yang diterima kumparan, Kamis (11/6).

Bambang Sunarwibowo tercatat sebagai Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara (BIN). Pria kelahiran Malang, Jawa Timur, 54 tahun lalu ini berpangkat Komisaris Jenderal Polisi dan lulusan Akademisi Polisi 1988.

8. PT Timah Indonesia Tbk (Persero) atau TINS

Dalam RUPST Timah yang digelar kemarin, Erick mencopot Bambang Sunarwibowo dari jabatannya sebagai komisaris independen. Posisinya digantikan Agus Rajani Panjaitan.

Bambang lantas diangkat menjadi Komisaris Antam yang juga menggelar RUPST di hari yang sama.

Agus merupakan Komisaris Independen di dua perusahaan terbuka yakni PT Perusahaan Perkebunan London Sumatera Indonesia Tbk. (LSIP) dan PT Harum Energy Tbk. (HRUM).

9. PT Jasa Marga Tbk (Persero) atau JSMR

Di RUPS Jasa Marga yang digelar kemarin, Erick mencopot Desi Arryani (Direktur Utama), Adrian Priohutomo (Direktur Pengembangan Usaha), Sapto Amal Damandari (Komisaris Utama/Independen) dan Muhammad Sapta Murti (Komisaris) Vincentius Sonny Loho (Komisaris Independen).

Subakti Syukur dipilih menjadi Direktur Utama. Sebelumnya, ia adalah Direktur Operasi. RUPS juga mengangkat dengan hormat meliputi Arsal Ismail (Direktur Pengembangan Usaha), Enkky Sasono Anas Wijaya (Direktur Human Capital dan Transformasi), Fitri Wiyanti (Direktur Operasi), Yuswanda A Tumenggung (Komisaris Utama/Independen), Zulfan Lindan (Wakil Komisaris Utama/Independen) dan Adriansyah Chaniago (Komisaris Independen).

10. PTPN I, II, IV, hingga XIV (Persero)

Erick kembali merombak 13 PT Perkebunan Nusantara atau PTPN yang tergabung dalam holding Perkebunan Nusantara. Setelah akhir Mei mencopot banyak direktur termasuk menghapus jabatan direktur utama, kini giliran kursi komisaris yang diutak-atik.

Dari 13 PTPN, Erick mencopot 8 komisaris dari total 38 komisaris yang ada. Itu artinya, saat ini jumlah komisaris di 13 PTPN ada 30 orang. Sedangkan komisaris di induk holding, yaitu PTPN III tak dirombak sama sekali.

Surat Keputusan tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Jajaran Komisaris anak perusahaan 13 PTPN telah Erick serahkan ke Abdul Ghani. Dia pun menyerahkan surat itu ke para komisaris yang dicopot pada Selasa, (9/6) di Kantor Pusat Holding, Jakarta.

sumber : kumparan.com

admin
Author: admin

I am a web developer who is working as a freelancer. I am living in Saigon, a crowded city of Vietnam. I am promoting for http://sneeit.com

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0