Kesehatan Cara Sehat Memasak Telur

Cara Sehat Memasak Telur

-

- Advertisment -

SuratNews.ID | Telur dapat dimasak dengan berbagai cara mulai dari digoreng, direbus, dipanggang, hingga di microwave. Setiap proses memasak mempengaruhi nutrisi yang bakal didapat dari telur.

Secara umum, telur mengandung kalori yang relatif sedikit. Namun, telur kaya akan protein, vitamin, mineral, lemak sehat, dan berbagai mikronutrien lainnya.

Memasak telur dapat membunuh bakteri berbahaya dan membuatnya aman dikonsumsi. Memasak telur juga membuat kandungan nutrisi di dalam telur lebih mudah dicerna. Namun, memasak telur dengan cara tertentu dapat merusak nutrisi di dalam telur.

Memasak telur dalam suhu tinggi dan waktu yang lama akan mengurangi jumlah nutrisi telur. Studi mendapati memasak telur mengurangi kandungan vitamin A sekitar 17-20 persen. Memasak terlalu lama juga mengurangi jumlah antioksidan.

Studi menunjukkan waktu memasak yang singkat terbukti dapat mempertahankan banyak nutrisi dalam telur.

Berikut cara memasak telur yang sehat:

  1. Pilih metode memasak rendah kalori

Metode memasak rendah kalori dapat mengurangi kalori dalam telur sehingga baik untuk menjaga berat badan. Metode memasak rendah kalori adalah dengan merebus telur baik dengan kulit maupun tanpa kulit.

Metode memasak ini tidak menambahkan kalori berlemak. Cara memasak ini akan lebih rendah kalori dibanding telur dadar, telur goreng mata sapi, atau telur orak arik.

  1. Pilih minyak yang sehat saat menggoreng

Mengutip Healthline, jika ingin menggoreng telur, pilihlah minyak yang sehat agar tidak menambah kalori dan juga lemak. Dikutip dari Health Line, mInyak yang sehat diantaranya adalah minyak alpukat dan minyak bunga matahari. Minyak zaitun dan minyak kelapa juga bisa digunakan dengan memasak pada suhu rendah yakni sekitar 177-210 derajat Celcius.

Masaklah dengan minyak yang bersuhu stabil dan tidak mudah teroksidasi agar tidak membentuk radikal bebas yang berbahaya.

  1. Jangan memasak terlalu lama

Semakin lama dan panas memasak telur, semakin banyak nutrisi yang akan hilang. Memasak dengan panas yang tinggi dan waktu yang lama juga dapat meningkatkan jumlah kolesterol teroksidasi dalam telur, terutama saat menggoreng.

  1. Gabungkan dengan sayuran

Saat mengonsumsi telur, gabungkan dengan asupan sayuran. Nutrisi dalam telur akan lebih mudah dicerna saat dikonsumsi bersamaan dengan sayuran yang kaya serat dan vitamin.
(ptj/chs)

sumber : cnnindonesia.com

(0)

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Diperiksa Selama 9 Jam di Polda Metro Jaya, Ini Kata Anies

Gubernur DKI Anies Baswedan telah selesai menjalani pemeriksaan klarifikasi di Polda Metro Jaya pada Selasa malam, 17 November 2020.

Rekomendasi Drama Park Bo Gum Paling Seru

Bagi kamu yang suka nonton drama Korea tentu sudah nggak asing dengan para aktornya. Termasuk salah satunya Park Bo Gum.

Mulai Anies Hingga Rizieq Akan Dipanggil Polisi Terkait Prokes

Bareskrim Polri akan memangil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Habib Rizieq Shihab juga bakal diperiksa karena membuat acara sehingga ada kerumunan massa di tengah pandemi Covid-19.

Akibat Tidak Jalankan Prokes 2 Kapolda Dicopot

Kapolri Jenderal Idham Azis mencopot Inspektur Jenderal Nana Sudjana dari jabatan Kapolda Metro Jaya, dan Inspektur Jenderal Rudy Sufahradi dari jabatan Kapolda Jawa Barat.
- Advertisement -

Lari atau Jalan Santai? Yang Sama-sama Bakar Kalori

Berjalan dan berlari adalah aktifitas fisik yang menyehatkan tubuh. Berjalan dapat memperkuat jantung, meningkatkan fungsi pernapasan, membakar kalori ekstra, dan meningkatkan suasana hati.

Joan Mir Juara Dunia, Morbidelli Menang di MotoGP Valencia 2020

Joan Mir menjadi juara dunia MotoGP 2020 meski hanya finis di posisi tujuh MotoGP Valencia 2020, Minggu (15/11), yang dimenangi Franco Morbidelli.

Must read

Diperiksa Selama 9 Jam di Polda Metro Jaya, Ini Kata Anies

Gubernur DKI Anies Baswedan telah selesai menjalani pemeriksaan klarifikasi di Polda Metro Jaya pada Selasa malam, 17 November 2020.

Rekomendasi Drama Park Bo Gum Paling Seru

Bagi kamu yang suka nonton drama Korea tentu sudah nggak asing dengan para aktornya. Termasuk salah satunya Park Bo Gum.
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you