Ilmu Pengetahuan Cara Mudah Backup dan Restore WhatsApp ke Ponsel Baru

Cara Mudah Backup dan Restore WhatsApp ke Ponsel Baru

-

- Advertisment -

SuratNews.ID | Para pengguna aplikasi pesan singkat WhatsApp pasti pernah berada dalam posisi bingung cara memindahkan akun di ponsel lama ke perangkat baru. Ternyata ada caranya, dan bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Langkah ini bisa menjadi solusi mudah untuk para pengguna WhatsApp dalam memindahkan akun ke ponsel baru. Sebagaimana telah dirangkum dari Androidpit, Rabu (4/11/2020), berikut cara transferring backup dan restore WhatsApp ke perangkat baru.

  1. Menggunakan Google Drive

WhatsApp versi terbaru menyertakan cadangan Google Drive secara otomatis. Ini membuat proses mentransfer riwayat obrolan WhatsApp antarponsel jadi lebih mudah dibanding sebelumnya.

Berikut tahapan backup dan restore dengan Google Drive:

  • Ketuk tiga titik di kiri atas layar dan masuk ke Pengaturan – Obrolan – Cadangan Obrolan.
  • Akan muncul jendela. Di mana pengguna dapat mencadangkan secara manual atau mengaturnya agar otomatis.
  • Setelah itu obrolan dan kontak akan langsung muncul di aplikasi, sementara media akan mulai mengunduh.
  1. Backup dan restore secara manual

Jika Anda belum menerima pembaruan WhatsApp Google Drive, atau hanya ingin melakukan sesuatu dengan cara lama, masih cukup mudah untuk membuat cadangan dan memindahkannya ke ponsel baru. Berikut caranya:

  • Buka menu Pengaturan WhatsApp, ketuk Obrolan dan Panggilan, lalu pilih Cadangan Obrolan.
  • Jika ponsel Android lama dan baru Anda sama-sama menggunakan kartu SD eksternal untuk memori, cukup cadangkan ke kartu SD, kemudian keluarkan dari ponsel lama, dan masukkan ke perangkat baru. Pulihkan dari kartu SD ke WhatsApp yang baru dipasang di ponsel baru Anda.
  • Untuk ponsel yang menyimpan ke memori internal, seperti kebanyakan perangkat baru, hubungkan ke PC melalui kabel USB, dan navigasikan ke memori internal perangkat ke folder WhatsApp/Database.
  • Lalu instal WhatsApp di perangkat baru, tetapi jangan mulai aplikasinya.
  • Selanjutnya hubungkan ponsel baru ke PC melalui USB. Dikarenakan WhatsApp telah diunduh ke ponsel baru, folder WhatsApp/Database sekarang sudah tersedia.
  • Kemudian salin file cadangan percakapan WhatsApp ke folder tersebut.
  • Jika sudah, selanjutnya buka WhatsApp di ponsel baru dan verifikasi nomor telepon.
  • Lalu akan ada pemberitahuan secara otomatis bahwa cadangan pesan ditemukan. Cukup ketuk Pulihkan, dan selesai.
  • Setelah beberapa detik, semua pesan muncul di perangkat baru.
  1. Backup dan restore di iPhone

Pengguna perangkat iPhone dapat menggunakan iCloud untuk mendapatkan pesan lama di perangkat baru dengan cara yang sama seperti pengguna Android dapat menggunakan fitur cadangan Google Drive.

sumber : okezone.com

(2)

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Hasil Lengkap dan Klasemen Liga Inggris

Persaingan di papan atas Liga Inggris 2020-2021 semakin sengit setelah Liverpool sukses menuai tiga poin dari Leicester City pada matchday kesembilan.

Miguel Oliveira Juara MotoGP Portugal 2020

Hasil MotoGP Portugal sudah bisa disimak. Rider tuan rumah, Miguel Oliveira, yang menjadi juaranya di seri pamungkas MotoGP 2020.

Pangdam Jaya : Kalau Perlu FPI Bubarkan

Panglima Kodam (Pangdam) Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman berbicara tentang pencopotan baliho Habib Rizieq oleh prajurit TNI yang dia sebut atas perintahnya.

Hotman Paris Menang Lelang Popcorn Emas

Nama Chef Arnold dan pengacara kondang Hotman Paris Hutapea tengah menjadi perbincangan hangat saat ini. Bukan tanpa alasan, Hotman Paris baru saja memenangkan lelang popcorn “emas” buatan tangan Chef Arnold yang dibuka di Instagram.
- Advertisement -

Diperiksa Selama 9 Jam di Polda Metro Jaya, Ini Kata Anies

Gubernur DKI Anies Baswedan telah selesai menjalani pemeriksaan klarifikasi di Polda Metro Jaya pada Selasa malam, 17 November 2020.

Rekomendasi Drama Park Bo Gum Paling Seru

Bagi kamu yang suka nonton drama Korea tentu sudah nggak asing dengan para aktornya. Termasuk salah satunya Park Bo Gum.

Must read

Hasil Lengkap dan Klasemen Liga Inggris

Persaingan di papan atas Liga Inggris 2020-2021 semakin sengit setelah Liverpool sukses menuai tiga poin dari Leicester City pada matchday kesembilan.

Miguel Oliveira Juara MotoGP Portugal 2020

Hasil MotoGP Portugal sudah bisa disimak. Rider tuan rumah, Miguel Oliveira, yang menjadi juaranya di seri pamungkas MotoGP 2020.
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you