Kesehatan Apakah dengan Meningkatkan Imunitas Tubuh, Kita Bisa Melawan Covid-19?

Apakah dengan Meningkatkan Imunitas Tubuh, Kita Bisa Melawan Covid-19?

-

- Advertisment -

SuratNews.ID | Setiap hari mungkin Anda terpapar berita mengenai bagaimana cara meningkatkan imunitas tubuh supaya kuat melawan Covid-19. Bahkan, banyak juga dari Anda mendengar klaim produk makanan atau minuman menawarkan manfaat naikan imunitas tubuh.

Tapi, apakah dengan meningkatkan imunitas tubuh kita bisa melawan Covid-19? Lagipula, mengandalkan imunitas tubuh yang kuat faktanya tidak serta-merta bikin Anda kuat melawan virus mematikan tersebut.

“Faktanya adalah tidak mungkin Anda secara ilmiah dapat meningkatkan imunitas tubuh,” kata Dr Jenna Macciochi, Ahli Imunologi dari Universitas Sussex, pada HuffPost.

Secara medis, meningkatkan imunitas tubuh itu tidak masuk akal, karena sistem imunitas bukanlah sakelar yang bisa Anda nyalakan dan menjadi tinggi dayanya ketika Anda mengikuti saran meningkatkan imunitas tubuh tersebut.

Lalu, kenapa para ilmuwan benci dengan istilah meningkatkan sistem imun tubuh?

Dijelaskan di sana bahwa secara garis besar, sistem kekebalan bekerja dengan dua cara. Pertama, dengan memicu pertahanan lini pertama untuk membantu setiap orang mengatasi infeksi seperti Covid-19.

Nah, yang kedua ialah sekitar lima hingga tujuh hari tubuh akan mulai membuat antibodi dan memiliki respons kekebalan yang lebih spesifik yang disesuai dengan paparan virusnya.

Jika sistem imunitas tubuh seseorang beroperasi pada tingkat yang lebih tinggi dari biasanya, ini sebenarnya hal yang buruk. Sebab, memiliki respons imun yang terlalu aktif rupanya dapat menyebabkan reaksi autoimun atau tubuh secara keliru malah menyerang jaringan dan organ sehatnya sendiri.

“Jika terjadi overdrive, kita benar-benar akan merusak tubuh kita sendiri dan itulah yang kita lihat dari fenomena Covid-19 yang parah sekarang ini,” kata Dr Macciochi.

“Faktanya, banyak orang dirawat di rumah sakit karena Covid-19 sebenarnya karena sistem kekebalan mereka yang sedikit berlebihan,” sambungnya.

Di sisi lain, Anda mungkin sekarang akan melontarkan pertanyaan, Bukankah memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat itu hal yang baik?

Para peneliti memiliki jawabannya. Jadi, dikatakan Dr Macciochi, itu didasari dari kesalahpahaman umum ketika Anda membahas imunitas sebagai biner dari lemah atau kuat. Padahal, faktanya jauh lebih kompleks dari itu.

“Sistem imun itu seperti orkestra. Jadi, semuanya harus dimainan bersama agar lagu terdengar indah. Jika salah satu instrumen fals, maka akan mematikan semuanya. Begitu juga yang terjadi dengan imunitas tubuh,” tegasnya.

Fakta yang harus diketahui semua adalah setiap orang mewarisi beberapa komponen kunci dari sistem kekebalan mereka melalui gen. Ini yang membuatnya menjadi unik.

“Beberapa orang menderita pilek yang sangat parah, tapi kelompok itu bisa saja tidak pernah mengalami sakit perut,” jelas Dr Macciochi.

Setiap orang memiliki tingkat kekebalan dasar masing-masing, sebut saja ini 100 persen. Meskipun Anda tidak dapat ‘meningkatkan’ sistem kekebalan Anda untuk bekerja pada 110% atau membuat diri Anda secara ajaib kebal terhadap Covid-19, Anda dapat mendukungnya agar berfungsi secara maksimal.

“Secara potensial, Anda memberi diri Anda kesempatan terbaik untuk tidak terkena Covid-19 terlalu parah dan bisa pulih,” jelas Dr Macciochi.

Lantas, bagaimana Anda dapat memberikan sistem imun dengan sesuatu yang terbaik?

Jawabannya sederhana, makan seimbang untuk memastikan Anda tidak kekurangan nutrisi penting. Ini memastikan sistem imun Anda berfungsi dengan baik.

“Jadi, bukan sekadar soal vitamin C atau zink, tetapi semua nutrisi itu penting. Mengonsumsi bahan pangan kaya protein juga tidak boleh dilupakan, karena ini bahan penyusun semua sel dan antibodi sistem imun kita,” papar Dr Macciochi.

Lalu, merawat usus adalah ide yang baik untuk kesehatan secara umum, karena Anda akan dengan teliti bahan panganan apa saja yang dikonsumsi hariannya. Tidak ketinggalan juga untuk memastikan mengonsumsi jenis serat yang bervariasi. “Ini berarti Anda mesti makan buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian,” terangnya.

Sayangnya, stres psikologis terbukti menghambat sistem kekebalan tubuh, yang mana ini tak bisa dipisahkan dari pandemi. Meski begitu, Dr Macciochio menyatakan, istirahat yang cukup dan kualitas tidur yang baik setidaknya dapat membantu.

(DRM)

sumber : okezone.com

(3)

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Polisi Tangkap 8 Orang Yang Tergabung Dengan KAMI

Polri menyebut penangkapan 8 orang yang tergabung dalam Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) bermula dari percakapan di grup WhatsApp.

Sana Khan Hapus Semua Foto Jejak Keartisan di Sosial Media

Dunia hiburan Bollywood dibuat ramai oleh aktris Sana Khan. Pasalnya secara tiba-tiba ia mengumumkan keputusannya untuk hengkang dari dunia hiburan, mengikuti keputusannya untuk berhijrah.

Jangan Anggap Sepele Nyeri Dada

Adanya rasa nyeri pada dada manusia tidak bisa dianggap remeh karena bisa jadi merupakan gejala dari serangan jantung.

Ini Tipe Pria Idaman Ayana Moon

Selebgram hijab asal Korea Selatan, Ayana Jihye Moon atau Ayana Moon mengungkapkan bagaimana kehidupan dia saat ini setelah menjadi mualaf. Dia merasa sangat bahagia, punya banyak teman dan menjadi karakter yang lebih baik.
- Advertisement -

Ketua KAMI Medan Ditangkap

SuratNews.ID | Anggota Komite Eksekutif Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), Syahganda Nainggolan ditangkap polisi pada Selasa pagi...

Di Penjara Seumur Hidup Mantan Dirut & Dirkeu Jiwasraya

Mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Persero, Hendrisman Rahim divonis penjara seumur hidup. Hendrisman diputus bersalah telah melakukan korupsi dengan memperkaya diri dan Benny Tjokro dkk senilai Rp 16 triliun.

Must read

Polisi Tangkap 8 Orang Yang Tergabung Dengan KAMI

Polri menyebut penangkapan 8 orang yang tergabung dalam Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) bermula dari percakapan di grup WhatsApp.

Sana Khan Hapus Semua Foto Jejak Keartisan di Sosial Media

Dunia hiburan Bollywood dibuat ramai oleh aktris Sana Khan. Pasalnya secara tiba-tiba ia mengumumkan keputusannya untuk hengkang dari dunia hiburan, mengikuti keputusannya untuk berhijrah.
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you