Kesehatan Apakah Benar Dexamethasone Dapat Menyembuhkan COVID-19?

Apakah Benar Dexamethasone Dapat Menyembuhkan COVID-19?

-

- Advertisment -

SuratNews.ID | Baru-baru ini, terdengar kabar bahwa dexamethasone dapat mengobati COVID-19. Banyak masyarakat yang memberikan respons positif terhadap pemberitaan ini sebab dexamethasone mudah ditemukan dan harganya sangat terjangkau. Namun, apakah benar obat ini bisa menyembuhkan infeksi virus Corona?

Dexamethasone adalah obat golongan kortikosteroid yang digunakan untuk mengatasi peradangan, reaksi alergi, dan penyakit autoimun. Selain itu, obat ini juga bisa digunakan untuk mengurangi keluhan akibat efek samping kemoterapi.

Meski dikenal sebagai “obat warung”, penggunaan dexamethasone tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan petunjuk dokter, karena efek sampingnya tidak ringan dan dapat menekan kerja sistem imun yang justru diperlukan tubuh untuk melawan kuman penyakit.

Fakta Dexamethasone untuk Sembuhkan COVID-19
Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menggungkapkan bahwa pemberian dexamethasone mengurangi angka kematian hingga 1/3 pada pasien COVID-19 yang membutuhkan perawatan dengan ventitalor, dan 1/5 pada pasien COVID-19 yang membutuhkan oksigen tambahan dalam perawatannya.

Dexamethasone adalah obat untuk meredakan peradangan. Peradangan pada COVID-19 dapat menyebabkan sejumlah kerusakan di paru-paru, seperti penumpukan cairan (edema paru) dan pembentukan selaput hyalin. Kerusakan inilah yang membuat pasien sesak napas dan mengalami komplikasi, misalnya ARDS atau gagal napas.

Jadi, dexamethasone bukanlah obat untuk menyembuhkan COVID-19, melainkan untuk mencegah kerusakan paru pada pasien COVID-19 yang sudah mengalami sesak napas. Dari penelitian ini juga, dexamethasone tidak memberikan hasil apa pun pada penderita infeksi virus Corona dengan gejala yang ringan.

Meski dexamethasone diyakini dapat membantu penyembuhan COVID-19 pada pasien dengan gejala yang berat, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas dan aturan pemberiannya dalam pengobatan infeksi virus Corona, misalnya mengenai dosis dan lama pemberian obat ini.

Belum ada satu obat pun yang sudah terbukti efektif untuk menyembuhkan COVID-19, termasuk dexamethasone. Begitu juga dengan vaksin untuk mencegah infeksi virus Corona. Namun, para peneliti masih terus berusaha mengembangkan obat dan vaksin untuk penyakit ini.

Mencegah selalu lebih baik daripada mengatasi. Jadi, agar kamu tidak terinfeksi virus Corona yang sedang mewabah ini, selalu terapkan langkah-langkah pencegahannya, seperti mencuci tangan dengan air dan sabun, mengenakan masker saat berada di luar rumah, melakukan physical distancing, dan menjaga daya tahan tubuh.

Ditinjau oleh: dr. Meva Nareza
sumber : alodokter.com

(0)

dedi wahyu
Author: dedi wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Hasil Lengkap dan Klasemen Liga Inggris

Persaingan di papan atas Liga Inggris 2020-2021 semakin sengit setelah Liverpool sukses menuai tiga poin dari Leicester City pada matchday kesembilan.

Miguel Oliveira Juara MotoGP Portugal 2020

Hasil MotoGP Portugal sudah bisa disimak. Rider tuan rumah, Miguel Oliveira, yang menjadi juaranya di seri pamungkas MotoGP 2020.

Pangdam Jaya : Kalau Perlu FPI Bubarkan

Panglima Kodam (Pangdam) Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman berbicara tentang pencopotan baliho Habib Rizieq oleh prajurit TNI yang dia sebut atas perintahnya.

Hotman Paris Menang Lelang Popcorn Emas

Nama Chef Arnold dan pengacara kondang Hotman Paris Hutapea tengah menjadi perbincangan hangat saat ini. Bukan tanpa alasan, Hotman Paris baru saja memenangkan lelang popcorn “emas” buatan tangan Chef Arnold yang dibuka di Instagram.
- Advertisement -

Diperiksa Selama 9 Jam di Polda Metro Jaya, Ini Kata Anies

Gubernur DKI Anies Baswedan telah selesai menjalani pemeriksaan klarifikasi di Polda Metro Jaya pada Selasa malam, 17 November 2020.

Rekomendasi Drama Park Bo Gum Paling Seru

Bagi kamu yang suka nonton drama Korea tentu sudah nggak asing dengan para aktornya. Termasuk salah satunya Park Bo Gum.

Must read

Hasil Lengkap dan Klasemen Liga Inggris

Persaingan di papan atas Liga Inggris 2020-2021 semakin sengit setelah Liverpool sukses menuai tiga poin dari Leicester City pada matchday kesembilan.

Miguel Oliveira Juara MotoGP Portugal 2020

Hasil MotoGP Portugal sudah bisa disimak. Rider tuan rumah, Miguel Oliveira, yang menjadi juaranya di seri pamungkas MotoGP 2020.
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you