Kesehatan Alasan Tidak Perlu Mencuci Daging Sebelum Dimasak

Alasan Tidak Perlu Mencuci Daging Sebelum Dimasak

-

- Advertisment -

Sebelum mengonsumsi makanan, kita ingin memastikan apa yang kita makan bersih. Oleh karena itu, kita mencucinya. Namun, tidak semua makanan lebih baik atau lebih sehat ketika dicuci. Salah satunya adalah daging yang tidak perlu dicuci sebelum dimasak.

Menurut Center for Disease Control (CDC) di Amerika Serikat, membilas daging mentah dengan air tidak serta-merta akan menyingkirkan bakteri di dalamnya mati. Malahan, bakteri yang ada di daging unggas dan jenis-jenis daging merah dapat menyebar ke berbagai permukaan, seperti peralatan masak, bak pencuci, makanan, dan lain-lain.

Ada beberapa bakteri yang bisa jadi terdapat pada daging. Bakteri salmonela pada unggas atau E coli pada daging sapi, misalnya. Jika menyebar ke permukaan lain dan mengontaminasi permukaan peralatan makan yang lain, ini dapat memicu risiko keracunan makanan.

Perpindahan bakteri dari daging ke makanan lain bahkan dapat meningkatkan risiko penyakit bawaan makanan (foodborne illness). Waspadai gejalanya, antara lain sakit perut, mual, diare, muntah, dan dehidrasi. Seseorang dengan kekebalan tubuh yang lemah bahkan bisa mengalami infeksi yang mengancam keselamatan jiwa.

Di seluruh dunia, diperkirakan kira-kira 48 juta orang sakit akibat penyakit bawaan makanan. Sekitar 120 ribu dari mereka dirawat di rumah sakit dan 3.000 orang meninggal.

Rekomendasi cara mengolahnya

Oleh karena itu, langkah pencegahan dengan tidak mencuci daging merah dan unggas jadi sangat penting. Bagaimana dengan bakteri-bakteri di daging itu? Ketika dimasak dengan suhu yang tepat, bakteri-bakteri ini akan mati dengan sendirinya.

Suhu yang direkomendasikan CDC untuk memasak adalah 63 derajat celsius untuk daging sapi, kambing, atau babi yang sudah dipotong-potong. Setelah itu, diamkan sekitar 3 menit sebelum menyantapnya. Untuk daging giling, butuh sekitar 71 derajat celsius. Sementara itu, daging unggas akan aman dari bakteri pada suhu 73 derajat celsius.

Tak hanya soal keamanan makanan, mencuci daging juga tidak disarankan karena akan membuat teksturnya lembab dan menurunkan cita rasanya ketika dimasak. Untuk mengurangi kelembaban dari permukaan daging, yang mungkin muncul secara alami, alih-alih membilasnya lebih baik menepuk-nepuknya saja dengan tisu penyerap air atau minyak.

Selain itu, ingat pula untuk selalu membersihkan peralatan yang bersentuhan dengan daging mentah setiap kali selesai mengolah daging, terutama talenan. Disarankan mencucinya dengan air hangat. Lalu pastikan permukaan sudah benar-benar kering sebelum menyimpannya kembali.

sumber : kompas.com

(8)

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

Berita sebelumyaEmak-emak Nekat
Berita berikutnyaIrjen Pol Napoleon Resmi Ditahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Biden Cabut Sejumlah Kebijakan Trump Setelah Dilantik

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, langsung menerbitkan beberapa keputusan presiden yang membatalkan sejumlah kebijakan pendahulunya, Donald Trump, tidak lama usai dilantik.

Sedang Flu Apakah Bisa Disuntik Vaksin Covid-19?

Upaya vaksinasi Covid-19 telah dimulai di beberapa negara, termasuk Indonesia. Banyak orang yang antusias untuk mendapatkan vaksin secepat mungkin.

Listyo Sigit Prabowo Fit and Proper Test ke DPR Ditemani Kapolri

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengantar Komjen Listyo Sigit Prabowo yang akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau Fit and Proper Test calon Kapolri di Komisi III DPR RI, Rabu (20/1/2021).

Wajib Nonton Nih, 20 Drama Korea Terbaik

Drama korea atau K-drama telah menjadi fenomena di dunia. Setiap saat ada saja drama baru yang keluar dan selalu dinantikan oleh para penggemarnya.
- Advertisement -

Erupsi Gunung Merapi

Gunung Merapi kembali erupsi dan memuntahkan awan panas guguran hari ini. Berdasarkan laporan aktivitas per 6 jam mulai pukul 00.00 hingga 06.00 WIB tercatat ada 3 kali luncuran awan panas.

Rombongan Presiden Jokowi Terjang Banjir di Kalsel

Presiden Jokowi meninjau sungai Martapura dari Jembatan Pakauman, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Senin (18/1) sekitar pukul 13.30 WITA .

Must read

Biden Cabut Sejumlah Kebijakan Trump Setelah Dilantik

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, langsung menerbitkan beberapa keputusan presiden yang membatalkan sejumlah kebijakan pendahulunya, Donald Trump, tidak lama usai dilantik.

Sedang Flu Apakah Bisa Disuntik Vaksin Covid-19?

Upaya vaksinasi Covid-19 telah dimulai di beberapa negara, termasuk Indonesia. Banyak orang yang antusias untuk mendapatkan vaksin secepat mungkin.
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you