Beranda Kesehatan Air Lemon Bantu Turunkan Kolesterol

Air Lemon Bantu Turunkan Kolesterol

0
10

SuratNews.ID | Kolesterol jahat yang tinggi dalam darah memang dapat membahayakan kesehatan. Berbagai risiko penyakit, seperti hipertensi, penyakit jantung koroner, dan stroke bisa terjadi apabila kadar kolesterol tersebut tinggi.

Untuk menghindari penyakit-penyakit itu, Anda perlu mengontrol pola makan dan mengonsumsi asupan yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol. Nah, lemon bisa jadi salah satunya.

Bagaimana Lemon Dapat Turunkan Kolesterol?

Pasti sudah banyak yang tahu kalau lemon kaya akan kandungan vitamin C. Menurut studi oleh University of Michigan Health System, Amerika Serikat, asupan vitamin C yang tinggi dapat mencegah kerusakan pada tubuh akibat kolesterol LDL, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan menurunkan kadar kolesterol total.

Senada dengan studi tersebut, dr. Devia Irine Putri mengatakan, “Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam lemon membantu mengurangi peradangan di pembuluh darah, umumnya diakibatkan oleh pembentukan plak lemak dan radikal bebas. Hasilnya, kolesterol jahat bisa menurun.”

Selain itu, studi tahun 2013 dalam International Journal of Humanities and Social Science meneliti tentang efek makan satu apel, minum segelas air yang dicampur air perasan lemon, atau mengonsumsi keduanya setiap hari terhadap kadar kolesterol tinggi.

Hasil menunjukkan, orang-orang yang mengonsumsi air lemon setiap hari mengalami penurunan kolesterol LDL yang signifikan. Namun, penelitian ini juga meminta partisipan untuk berolahraga dan menerapkan pola makan rendah lemak.

Selain kaya vitamin C, lemon juga menjadi sumber serat yang baik. The National Institutes of Health, AS, merekomendasikan orang-orang yang kolesterol LDL-nya tinggi untuk mengonsumsi 10-25 gram serat setiap hari untuk menurunkan kolesterol.

Tak hanya air dan daging buahnya, ternyata kulit lemon juga bisa berperan dalam menurunkan kolesterol, lho! Studi tahun 2002 dalam European Journal of Nutrition meneliti efektivitas kulit lemon untuk menurunkan kadar kolesterol pada hamster.

Hasilnya cukup memuaskan. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh kandungan flavonoid yang ada di kulit lemon.

Buah citrus seperti lemon memang kaya flavonoid yaitu polymethoxylated flavones, antioksidan yang punya efek besar pada kolesterol. Studi tersebut masih perlu diujikan pada manusia terkait efektivitasnya.

Cara Konsumsi Lemon untuk Turunkan Kolesterol

Pasti Anda sudah cukup familiar, kan, dengan air lemon? Cara ini memang sangat mudah untuk mengonsumsi lemon. Anda bisa menambahkan 1 sdm madu, beberapa helai daun mint, atau jahe segar.

Berikut beberapa tips bila ingin mengonsumsi air lemon:

Pakai air perasan lemon yang segar. Bisa mulai dengan 1/2 buah lemon dicampur 250 ml air, atau 2 buah lemon yang ditambahkan 1 liter air kalau mau buat dalam jumlah banyak.

“Minum sedikit-sedikit dulu. Apalagi bagi pemula, pasti masih aneh. Boleh ditambah dengan campuran madu bila merasa terlalu asam.”

Boleh diminum setiap hari, karena perasan lemon sudah diencerkan dengan air. Sebaiknya jangan minum perasan lemon langsung tanpa dicampur air.

Ditakutkan, malah membuat asam lambung naik tiba-tiba dan perih di tenggorokan karena sifatnya asam.

Kapan minumnya? “Boleh pagi hari saat perut kosong. Tapi, kalau terasa tidak nyaman boleh juga diminum setelah makan,” ujar dr. Devia.

Namun, kalau sudah punya tukak lambung (luka/ulkus di lambung), dr. Devia tidak menyarankan konsumsi air lemon atau minuman asam lainnya.

Selain itu, kalau sedang sakit tenggorokan juga jangan minum air lemon. Sebab, lemon bisa bikin tambah iritasi tenggorokan karena sifat asamnya. Lebih baik, makan buah lain yang lebih lembut misalnya pisang.

Hindari jus lemon kemasan yang dijual di pasaran karena biasanya sudah ditambahkan gula dan perisa lemon buatan. Paling baik memang bikin sendiri air lemon yang segar di rumah.

Kalau kolesterol Anda tinggi, minum air lemon secara rutin bisa jadi pilihan untuk menurunkannya. Tapi ingat, pastikan tidak memiliki masalah lambung atau radang tenggorokan, ya. Rutin kontrol kadar kolesterol juga penting dilakukan.

sumber : klikdokter.com

(0)

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here