Berita Ahok Buka-bukaan Soal Revolusi Subsidi Energi

Ahok Buka-bukaan Soal Revolusi Subsidi Energi

-

- Advertisment -

SuratNews.ID | Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok buka-bukaan soal subsidi energi. Ahok berharap agar pemerintah tidak memberikan subsidinya ke komoditas, namun langsung ke orang yang membutuhkan.

Ia mencontohkan pemerintah menganggarkan subsidi LPG sekitar Rp 70 triliun. Subsidi ini tidak hanya dinikmati oleh orang yang berhak, namun juga orang yang tidak berhak. Menurutnya adanya disparitas harga memunculkan penyelewengan.

“Kenapa nggak mau subsidi langsung ke orangnya saja kasih uang beli LPG sehingga di pasaran tidak ada disparitas harga, maka penyelewengan pasti nggak ada yang tertarik,” ungkap Ahok dalam podcast Cuap-Cuap Cuan CNBC Indonesia.

Jika dikumpul-kumpul, imbuhnya, subsidi yang diberikan pemerintah bisa mencapai sekitar Rp 300 triliun untuk subsidi ke komoditas. Mulai dari pertanian, dan lainnya yang mestinya bisa langsung disubsidikan ke orang.

“Saya kirim ke si A, transfer, ternyata dia mampu, saya tinggal stop saja transfer rekening ke dia, saya bisa kirim polisi, pagi bisa kirim kembali tuh uang,” kata Ahok.

Jika skema subsidi ini diterapkan semua orang dan oknum pasti akan takut. Mulai dari RT, RW, Kades, Lurah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan partai politik (Parpol) yang melaporkan saudaranya untuk menerima hak miskin ini akan mikir-mikir.

“Nggak dipidana saja masih mikir harus balikin duwit, apalagi dipidana karena transaksi jelas kirim ke kamu ada laporan kamu yang miskin,” tegasnya.

Kondisi berbeda jika subsidi di berikan ke barang, tidak jelas ada di mana. Ahok menegaskan ada oknum-oknum memelihara ini, dari dulu ia sudah menekankan agar subsidi langsung diberikan ke orang.

Ia mencontohkan progam yang dijalankan semasa menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Saat mengadakan program operasi pasar, hilang semua barang. Akhirnya dicabut operasi pasar, dan Ahok memilih untuk memanfaatkan kartu jakarta pintar (KJP).

“Gurunya saya ancam kalau sampai ada ketahuan orang kaya pake HP bagus, motor, mobil bagus kamu kasih KJP kamu saya pecat,”tandas Ahok.

Sebelumnya, pemerintah melalui Mantan Plt. Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto pada Selasa, (14/01/2020) menyampaikan rencananya untuk tidak lagi menyubsidi gas melon atau elpiji 3 kilogram (kg) pada semester II tahun ini.

Subsidi tidak lagi diberikan pada tabung, namun langsung diberikan pada masyarakat yang berhak. Setelah subsidi dicabut, harga gas akan disesuaikan dengan harga pasar.

“LPG ini tantangan kita di 2020, secara prinsip sektor terkait setuju LPG 3 kilogram secara tertutup hanya untuk masyarakat yang berhak. Ini persiapan subsidi langsung pada masyarakat, mudah-mudahan tahun ini pertengahan tahun bisa diterapkan,” kata Djoko.

Djoko mengatakan sudah memiliki data kriteria masyarakat yang berhak menerima subsidi. Pertama, akan ada 15 juta masyarakat yang menerima subsidi, kriteria kedua 20 juta, dan terakhir 25 juta. Tapi belum bisa dipastikan kriteria mana yang akan diambil.

sumber : cnbcindonesia.com

(0)

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Diduga Terima Rp9,8 Miliar

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan total uang yang diterima oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo di dalam rekening penampung sebesar Rp9,8 miliar.

Hasil Lengkap dan Klasemen Liga Inggris

Persaingan di papan atas Liga Inggris 2020-2021 semakin sengit setelah Liverpool sukses menuai tiga poin dari Leicester City pada matchday kesembilan.

Miguel Oliveira Juara MotoGP Portugal 2020

Hasil MotoGP Portugal sudah bisa disimak. Rider tuan rumah, Miguel Oliveira, yang menjadi juaranya di seri pamungkas MotoGP 2020.

Pangdam Jaya : Kalau Perlu FPI Bubarkan

Panglima Kodam (Pangdam) Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman berbicara tentang pencopotan baliho Habib Rizieq oleh prajurit TNI yang dia sebut atas perintahnya.
- Advertisement -

Hotman Paris Menang Lelang Popcorn Emas

Nama Chef Arnold dan pengacara kondang Hotman Paris Hutapea tengah menjadi perbincangan hangat saat ini. Bukan tanpa alasan, Hotman Paris baru saja memenangkan lelang popcorn “emas” buatan tangan Chef Arnold yang dibuka di Instagram.

Diperiksa Selama 9 Jam di Polda Metro Jaya, Ini Kata Anies

Gubernur DKI Anies Baswedan telah selesai menjalani pemeriksaan klarifikasi di Polda Metro Jaya pada Selasa malam, 17 November 2020.

Must read

Diduga Terima Rp9,8 Miliar

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan total uang yang diterima oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo di dalam rekening penampung sebesar Rp9,8 miliar.

Hasil Lengkap dan Klasemen Liga Inggris

Persaingan di papan atas Liga Inggris 2020-2021 semakin sengit setelah Liverpool sukses menuai tiga poin dari Leicester City pada matchday kesembilan.
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you