Kesehatan 8 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

-

- Advertisment -

SuratNews.ID | Manfaat kunyit untuk kesehatan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Dikenal sebagai bahan pelengkap makanan yang menambahkan cita rasa dan warna khas, kunyit tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, tetapi juga untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan.

Hal ini juga dipengaruhi kunyit yang memiliki senyawa kimia bernama kurkumin. Zat pewarna kuning tersebut diduga mampu membantu proses penyembuhan pada tubuh. Kunyit juga mengandung arabinosa, fruktosa, glukosa, kalsium, kalium natrium, kobalt, seng, dan minyak atsiri yang baik untuk tubuh.

Manfaat kunyit untuk kesehatan bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara teratur. Dengan mengonsumsi kunyit secara teratur, kamu bisa mendapatkan khasiatnya seperti dapat meredakan peradangan hingga baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Meredakan Peradangan dan Mengurangi Nyeri pada Osteoarthritis

Manfaat kunyit untuk kesehatan yang pertama adalah dapat meredakan peradangan. Zat aktif kurkumin dalam kunyit merupakan antioksidan yang mengandung efek anti radang. Pada satu sendok teh kunyit bubuk mengandung sekitar 200 miligram kurkumin yang bekerja memblokir sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh.

Kurkumin juga mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin dan meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal. Berbagai hasil uji praklinis menunjukkan bahwa kunyit dapat mengobati berbagai penyakit terkait peradangan, mulai dari kanker, penyakit kardiovaskular, radang sendi, dan aterosklerosis.

Mengurangi Nyeri pada Osteoarthritis

Salah satu manfaat kunyit yang tak kalah baik adalah dapat mengurangi nyeri pada penderita osteoarthritis. Penyakit ini merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan sendi menjadi nyeri, kaku, dan kehilangan fleksibilitasnya.

Sebuah studi menunjukkan kinerja kunyit sebanding dengan obat ibuprofen dalam mengatasi osteoarthritis. Jika kamu ingin mengurangi rasa sakit akibat osteoarthritis, bisa mengonsumsi ekstrak kunyit dosis 500 mg dua kali sehari.

Membantu Mengatasi Sakit Maag dan Meredakan Nyeri Haid

Sakit maag juga dapat diatasi dengan manfaat kunyit. Kunyit sudah sejak lama digunakan sebagai obat gangguan pencernaan yang ampuh. Jadi, ketika gejala maag kambuh, kamu bisa menyeduh secangkir teh kunyit hangat untuk meredakan nyeri.

Kemunculan maag dapat dipicu oleh luka di lambung yang diakibatkan infeksi bakteri H. Pylori, mengonsumsi obat anti nyeri jangka panjang, alkohol, rokok, atau makanan yang dikonsumsi. Kondisi tersebut dapat mengikis lapisan dinding usus dan memicu asam lambung naik.

Sebuah artikel dalam jurnal Systematic Reviews menyatakan, kunyit membantu mengurangi frekuensi gejala maag karena kurkumin mampu mengendalikan produksi asam lambung dan empedu yang berlebih.

Selain itu, penelitian dari jurnal Pharmacognosy Reviews menyatakan, efek kurkumin dapat mengobati peradangan yang disebabkan luka dan melindungi perut dari iritan-iritan dengan meningkatkan produksi lendir pada lambung.

Meredakan Nyeri Haid

Manfaat kunyit selanjutnya sangat berguna bagi perempuan. Bagi para perempuan yang sedang mengalami nyeri haid, mengonsumsi kunyit dapat membantu meredakan nyeri haid. Kandungan kurkumin dalam kunyit berfungsi sebagai pereda nyeri alami yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram.

Kurkumin juga mengurangi aliran ion kalsium yang masuk pada sel-sel epitel rahim. Selain itu, kurkumin juga mengurangi produksi hormon penyebab rasa sakit dan peradangan. Mengonsumsi kunyit secara teratur tentunya sangat baik dalam rangka menjaga kesehatan kamu.

Meredakan Gejala IBS dan Mengempiskan Perut Kembung

Irritable bowel syndrome (IBS) merupakan peradangan pada usus besar yang menyebabkan adanya masalah BAB dalam waktu lama. Peradangan tersebut membuat usus sering berkontraksi yang mengakibatkan diare kronis. Peradangan tersebut juga bisa menyebabkan otot usus jarang berkontraksi sehingga berujung menjadi sembelit kronis.

Sebuah penelitian dari Singapura mendapati bahwa manfaat kunyit dapat mengurangi intensitas rasa sakit pada perut yang disebabkan gejala IBS.

Mengempiskan Perut Kembung

Manfaat kunyit juga dapat mengempiskan perut kembung. Kurkumin dalam kunyit dapat membantu otot organ pencernaan bergerak lebih lancar. Hal ini membuat otot organ dapat bergerak seperti seharusnya untuk mengurangi tekanan gas dalam perut dan menghentikan produksi asam lambung berlebih yang menyebabkan perut kembung.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Menurunkan Berat Badan

Manfaat kunyit juga baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Kurkumin dalam kunyit berfungsi menekan respon peradangan dan oksidasi dalam sel tubuh yang berperan pada penyakit jantung, juga membantu meningkatkan lapisan saluran darah.

Hal ini karena kurkumin memiliki efek antiperadangan dan berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Namun, kandungan kurkumin dalam kunyit hanya sekitar 3 persen dari beratnya, sehingga sulit mendapat manfaat optimal hanya dari kunyit saja. Oleh karena itu, kamu bisa menambahkannya dengan konsumsi lada hitam yang mengandung piperin untuk membantu penyerapan.

Kandungan kurkumin dalam kunyit diserap lebih lama ke dalam darah sehingga manfaatnya bisa hilang. Piperin dalam lada hitam dapat meningkatkan penyerapan kurkumin ke dalam darah hingga 20 ribu persen lebih cepat.

Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, manfaat kunyit juga bisa diterapkan. Kurkumin pada kunyit berfungsi menekan respon peradangan pada sel tubuh, temasuk sel pankreas, lemak, dan otot.

Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah, dan kolesterol serta gangguan metabolik lainnya akibat berat badan berlebih. Namun, kamu perlu menambahkannya dnegan asam jawa. Dalam jangka panjang, minum jamu kunyit asam dapat membuat hasil penurunan berat badan jadi lebih maksimal.

sumber : liputan6.com

(0)

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Diperiksa Selama 9 Jam di Polda Metro Jaya, Ini Kata Anies

Gubernur DKI Anies Baswedan telah selesai menjalani pemeriksaan klarifikasi di Polda Metro Jaya pada Selasa malam, 17 November 2020.

Rekomendasi Drama Park Bo Gum Paling Seru

Bagi kamu yang suka nonton drama Korea tentu sudah nggak asing dengan para aktornya. Termasuk salah satunya Park Bo Gum.

Mulai Anies Hingga Rizieq Akan Dipanggil Polisi Terkait Prokes

Bareskrim Polri akan memangil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Habib Rizieq Shihab juga bakal diperiksa karena membuat acara sehingga ada kerumunan massa di tengah pandemi Covid-19.

Akibat Tidak Jalankan Prokes 2 Kapolda Dicopot

Kapolri Jenderal Idham Azis mencopot Inspektur Jenderal Nana Sudjana dari jabatan Kapolda Metro Jaya, dan Inspektur Jenderal Rudy Sufahradi dari jabatan Kapolda Jawa Barat.
- Advertisement -

Lari atau Jalan Santai? Yang Sama-sama Bakar Kalori

Berjalan dan berlari adalah aktifitas fisik yang menyehatkan tubuh. Berjalan dapat memperkuat jantung, meningkatkan fungsi pernapasan, membakar kalori ekstra, dan meningkatkan suasana hati.

Joan Mir Juara Dunia, Morbidelli Menang di MotoGP Valencia 2020

Joan Mir menjadi juara dunia MotoGP 2020 meski hanya finis di posisi tujuh MotoGP Valencia 2020, Minggu (15/11), yang dimenangi Franco Morbidelli.

Must read

Diperiksa Selama 9 Jam di Polda Metro Jaya, Ini Kata Anies

Gubernur DKI Anies Baswedan telah selesai menjalani pemeriksaan klarifikasi di Polda Metro Jaya pada Selasa malam, 17 November 2020.

Rekomendasi Drama Park Bo Gum Paling Seru

Bagi kamu yang suka nonton drama Korea tentu sudah nggak asing dengan para aktornya. Termasuk salah satunya Park Bo Gum.
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you