5 Makanan yang Beracun Kalau Dipanaskan

HomeKesehatan

5 Makanan yang Beracun Kalau Dipanaskan

SuratNews.ID | Tahukah kamu ada beberapa makanan yang beracun kalau dipanaskan? Racun tersebut merupakan hasil proses oksidasi yang terjadi saat kita

7 Penyebab Kaki Kesemutan
Apakah Benar Dexamethasone Dapat Menyembuhkan COVID-19?
Risiko Bila Tidak Pakai Celana Dalam

SuratNews.ID | Tahukah kamu ada beberapa makanan yang beracun kalau dipanaskan? Racun tersebut merupakan hasil proses oksidasi yang terjadi saat kita memanaskan makanan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui makanan apa saja yang dapat menghasilkan racun bagi tubuh jika dipanaskan.

Berikut 5 makanan yang beracun kalau dipanaskan.

  1. Jamur

Idealnya, jamur yang sudah dimasak harus segera dikonsumsi dan tidak boleh disimpan untuk dimakan pada hari berikutnya. Jamur memiliki kandungan protein dan mineral yang tinggi. Dengan memanaskannya kembali, protein dalam jamur akan terpecah sehingga dapat mengakibatkan terganggunya sistem pencernaan. Memanaskannya akan menghasilkan racun yang mengandung nitrogen dan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

  1. Makanan berminyak

Makanan yang berminyak seperti santan dan gorengan akan semakin tidak sehat jika dipanaskan. Hal ini karena makanan berminyak mengandung lemak dan kolesterol yang tinggi. Jika dipanaskan kembali, kandungan lemak dan kolesterol yang ada di makanan berminyak akan semakin tinggi.

  1. Bayam

Bayam dan sayuran tinggi nitrat lainnya, seperti wortel dan seledri, juga termasuk makanan yang berbaya jika dipanaskan. Sayuran tinggi nitrat yang dipanaskan kembali akan mengeluarkan sifat karsinogenik. Sifat ini dapat memicu timbulnya penyakit berbahaya seperti infertilitas dan kanker. Selain itu, oksidasi bayam akan menghasilkan radikal bebas yang juga sangat berbahaya bagi tubuh.

  1. Kentang

Kentang merupakan bahan makanan yang mudah untuk diolah dan dipanaskan. Kentang juga mengandung vitamin B6, vitamin C, dan potasium yang baik untuk tubuh. Namun, jika kentang dipanaskan terus menerus, kandungan yang terdapat didalamnya dapat menghasilkan bakteri Clostridium Botulinum. Bahkan, kentang yang telah dimasak jika dibiarkan di suhu ruang akan dapat menghasilkan lebih banyak bakteri ini. Solusinya, kita dapat menyimpan kentang tersebut di kulkas namun tidak lebih dari 2 hari.

  1. Telur

Telur merupakan bahan makanan yang kaya protein. Walaupun demikian, telur yang sudah diolah dapat menyebabkan masalah serius jika dipanaskan terus menerus. Makanan yang mengandung protein yang tinggi juga mengandung nitrogen yang tinggi. Nitrogen ini dapat teroksidasi saat dipanaskan dan berpotensi menyebabkan penyikit kanker.

Itu dia 5 makanan yang beracun kalau dipanaskan. Kita sebaiknya mengonsumsi makanan yang dimasak pada hari itu juga untuk menghindari datangnya penyakit dari makanan yang dipanaskan. Mencegah datangnya penyakit tentunya akan jauh lebih baik dari pada mengobati.

sumber.suara.com

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0