Kesehatan 5 Makanan yang Beracun Kalau Dipanaskan

5 Makanan yang Beracun Kalau Dipanaskan

-

- Advertisment -

SuratNews.ID | Tahukah kamu ada beberapa makanan yang beracun kalau dipanaskan? Racun tersebut merupakan hasil proses oksidasi yang terjadi saat kita memanaskan makanan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui makanan apa saja yang dapat menghasilkan racun bagi tubuh jika dipanaskan.

Berikut 5 makanan yang beracun kalau dipanaskan.

  1. Jamur

Idealnya, jamur yang sudah dimasak harus segera dikonsumsi dan tidak boleh disimpan untuk dimakan pada hari berikutnya. Jamur memiliki kandungan protein dan mineral yang tinggi. Dengan memanaskannya kembali, protein dalam jamur akan terpecah sehingga dapat mengakibatkan terganggunya sistem pencernaan. Memanaskannya akan menghasilkan racun yang mengandung nitrogen dan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

  1. Makanan berminyak

Makanan yang berminyak seperti santan dan gorengan akan semakin tidak sehat jika dipanaskan. Hal ini karena makanan berminyak mengandung lemak dan kolesterol yang tinggi. Jika dipanaskan kembali, kandungan lemak dan kolesterol yang ada di makanan berminyak akan semakin tinggi.

  1. Bayam

Bayam dan sayuran tinggi nitrat lainnya, seperti wortel dan seledri, juga termasuk makanan yang berbaya jika dipanaskan. Sayuran tinggi nitrat yang dipanaskan kembali akan mengeluarkan sifat karsinogenik. Sifat ini dapat memicu timbulnya penyakit berbahaya seperti infertilitas dan kanker. Selain itu, oksidasi bayam akan menghasilkan radikal bebas yang juga sangat berbahaya bagi tubuh.

  1. Kentang

Kentang merupakan bahan makanan yang mudah untuk diolah dan dipanaskan. Kentang juga mengandung vitamin B6, vitamin C, dan potasium yang baik untuk tubuh. Namun, jika kentang dipanaskan terus menerus, kandungan yang terdapat didalamnya dapat menghasilkan bakteri Clostridium Botulinum. Bahkan, kentang yang telah dimasak jika dibiarkan di suhu ruang akan dapat menghasilkan lebih banyak bakteri ini. Solusinya, kita dapat menyimpan kentang tersebut di kulkas namun tidak lebih dari 2 hari.

  1. Telur

Telur merupakan bahan makanan yang kaya protein. Walaupun demikian, telur yang sudah diolah dapat menyebabkan masalah serius jika dipanaskan terus menerus. Makanan yang mengandung protein yang tinggi juga mengandung nitrogen yang tinggi. Nitrogen ini dapat teroksidasi saat dipanaskan dan berpotensi menyebabkan penyikit kanker.

Itu dia 5 makanan yang beracun kalau dipanaskan. Kita sebaiknya mengonsumsi makanan yang dimasak pada hari itu juga untuk menghindari datangnya penyakit dari makanan yang dipanaskan. Mencegah datangnya penyakit tentunya akan jauh lebih baik dari pada mengobati.

sumber.suara.com

(0)

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Hasil Lengkap dan Klasemen Liga Inggris

Persaingan di papan atas Liga Inggris 2020-2021 semakin sengit setelah Liverpool sukses menuai tiga poin dari Leicester City pada matchday kesembilan.

Miguel Oliveira Juara MotoGP Portugal 2020

Hasil MotoGP Portugal sudah bisa disimak. Rider tuan rumah, Miguel Oliveira, yang menjadi juaranya di seri pamungkas MotoGP 2020.

Pangdam Jaya : Kalau Perlu FPI Bubarkan

Panglima Kodam (Pangdam) Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman berbicara tentang pencopotan baliho Habib Rizieq oleh prajurit TNI yang dia sebut atas perintahnya.

Hotman Paris Menang Lelang Popcorn Emas

Nama Chef Arnold dan pengacara kondang Hotman Paris Hutapea tengah menjadi perbincangan hangat saat ini. Bukan tanpa alasan, Hotman Paris baru saja memenangkan lelang popcorn “emas” buatan tangan Chef Arnold yang dibuka di Instagram.
- Advertisement -

Diperiksa Selama 9 Jam di Polda Metro Jaya, Ini Kata Anies

Gubernur DKI Anies Baswedan telah selesai menjalani pemeriksaan klarifikasi di Polda Metro Jaya pada Selasa malam, 17 November 2020.

Rekomendasi Drama Park Bo Gum Paling Seru

Bagi kamu yang suka nonton drama Korea tentu sudah nggak asing dengan para aktornya. Termasuk salah satunya Park Bo Gum.

Must read

Hasil Lengkap dan Klasemen Liga Inggris

Persaingan di papan atas Liga Inggris 2020-2021 semakin sengit setelah Liverpool sukses menuai tiga poin dari Leicester City pada matchday kesembilan.

Miguel Oliveira Juara MotoGP Portugal 2020

Hasil MotoGP Portugal sudah bisa disimak. Rider tuan rumah, Miguel Oliveira, yang menjadi juaranya di seri pamungkas MotoGP 2020.
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you