4 Kombinasi Buah Agar Tetap Sehat Saat Pandemi Corona Covid-19

HomeKesehatan

4 Kombinasi Buah Agar Tetap Sehat Saat Pandemi Corona Covid-19

SuratNews.ID | Pandemi corona Covid-19 yang merebak di seluruh dunia menimbulkan kecemasan bagi sebagian orang. Berbagai cara dilakukan agar virus ya

Pasien Sembuh Corona Disebut Tak Pulih ‘Sepenuhnya’, Ini Alasannya
Apakah Benar Dexamethasone Dapat Menyembuhkan COVID-19?
Jus Makin Sehat & Bermanfaat Kalau Memperhatikan Aturan

SuratNews.ID | Pandemi corona Covid-19 yang merebak di seluruh dunia menimbulkan kecemasan bagi sebagian orang. Berbagai cara dilakukan agar virus yang telah menginfeksi lebih dari 600 ribu orang di seluruh dunia ini tidak semakin menyebar.

Pemerintah dan pakar kesehatan memberikan berbagai rekomendasi agar kita tidak ikut tertular corona Covid-19. Cara itu mulai karantina mandiri selama 14 hari hingga kebijakan menjaga jarak (pyhsical-social distancing), termasuk imbauan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah masing-masing.

Cara lain, menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, menjaga pola makan, dan berolahraga secara rutin.

Secara khusus, ada beberapa jenis makanan, seperti sayuran dan buah-buahan, yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan di tengah mewabahnya corona Covid-19.

Berbagai jenis buah dapat anda konsumsi sepanjang hari sebagai sumber vitamin dan antiokisidan yang baik bagi tubuh.

Tak hanya bisa digunakan untuk menangkal virus Corona, buah-buah segar dan dikonsumsi secara rutin dapat menangkal berbagai macam penyakit, seperti flu, menangkal peradangan, kanker, dan juga dapat membuat kulit Anda lebih bersinar.

Jika mulai dilanda kebosanan karena hanya menyantap jenis buah yang itu-itu saja, maka tips untuk mengombinasakan buah-buah ini bisa menjadi solusi, sehingga Anda dan anggota keluarga bisa kembali menikmati manfaat dari buah.

Hal itu juga karena beberapa jenis buah yang dapat Anda kombinasikan dan dapat memberikan manfaat berlebih daripada dikonsumsi dalam satu jenis saja.

Berikut empat kombinasi buah-buahan yang dapat menyehatkan tubuh di tengah pandemi corona Covid-19 seperti dirangkum dari dari Healthline.

Nanas memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan mengandung enzim yang disebut bromelain, satu di antara jenis enzim yang dapat mengurangi peradangan usus, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan merangsang pencernaan protein.

Dengan segala manfaat yang terkandung dalam nanas, coba gabungkan dengan bluberi yang memiliki kandungan antioksidan tinggi dan vitamin A, C, dan E.

Tidak ketinggalan, campurkan dua buah tersebut dengan buah ceri, yang sarat akan antioksidan dan senyawa fenolik, yang dapat menjadi zat anti inflamasi cukup ampuh bagi kesehatan.

Jeruk Bali, Kiwi, Stroberi (Penguat Kekebalan Tubuh)
Apakah Anda sering merasa lemas? Mengonsumsi buah kiwi, jeruk bali, dan stroberi dapat memberikan kekuatan tambahan bagi tubuh.

Kiwi kaya akan vitamin C, yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan pada tubuh.

Jeruk bali dan stroberi juga sarat akan vitamin C, yang dapat membantu meningkatkan kekebalan dan melawan penyakit. Kaya akan vitamin A dan C, biji stroberi juga mengandung mineral yang mendukung fungsi kekebalan tubuh.

Anggur Merah, Delima, Buah Ara (Antioksidan)
Ketiga buah ini kaya akan antioksidan dan senyawa penangkal beberapa penyakit yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan memberikan efek awet muda.

Senyawa resveratrol dalam anggur merah menghasilkan antioksidan dan sifat anti penuaan yang membantu memerangi penyakit dan tanda-tanda penuaan.

Anggur juga kaya akan lutein dan zeaxanthin, yang dapat membuat penglihatan kuat. Selain itu, zat yang terkandung dalam anggur merah dapat meminimalisasi efek berbahaya dari sinar ultraviolet.

Delima mengandung kadar antioksidan yang lebih tinggi daripada kebanyakan buah-buahan dan dapat membantu memulihkan kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Buah ara tidak hanya lezat, mereka juga kaya akan mineral termasuk kalium, kalsium, magnesium, besi, dan tembaga, dan buah ini sumber vitamin A, E, dan K.

Mengonsumsi kombinasi dari buah-buahan tersebut dapat memberikan manfaat dalam usaha Anda melawan berbagai macam penyakit.

Goji berry, Semangka, Lemon (Detoksifikasi)
Buah Semangka
Kita tidak akan bisa melakukan detoksifikasi tanpa bantuan makanan yang dapat menangkal dan mengeluarkan racun dari tubuh.

Semangka merupakan buah, yang 92 persen terdiri dari air dan juga memiliki zat yang dapat membantu detoksifikasi yang disebut glutathione. Buah ini juga merupakan sumber likopen dan vitamin A dan C, yang dapat membantu dalam detoksifikasi dan memerangi radikal bebas.

Tidak kalah dari semangka, lemon juga merupakan buah yang dapat melakukan detoksifikasi, selain itu lemon memiliki zat yang dapat menangkal bakteri dan virus.

Dan, jangan lupa goji berry. Buah kecil ini adalah sumber antioksidan, vitamin A, B, C, dan E, zat besi, dan kolin, yang dibutuhkan hati untuk proses detoksifikasi.

Campurkan irisan buah goji berry dan semangka, lalu berikan perasan lemon secukupnya. Kominasi tersebut akan memberikan rasa lezat dan efek kesehatan bagi tubuh.

Sumber: Healthline,liputan6.com

dedi wahyu
Author: dedi wahyu

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0