10 Jaringan Jalan Terbesar di Dunia

HomeBerita

10 Jaringan Jalan Terbesar di Dunia

NFRASTRUKTUR menjadi salah satu indikator ideal untuk melihat keberhasilan sosial dan ekonomi suatu negara. Kota-kota yang terhubung dengan baik diyakini menyebabkan warga sebuah negara lebih bahagia.

5 Selebriti Nikahi Pria Asing & Harus Berakhir Dengan Perceraian
Hewan Ternak di Tapanuli Utara Mati Misterius, Darahnya Diduga Dihisap
Denda 100 Ribu Bagi Yang Tidak Pakai Masker Di Yogyakarta

SuratNews.ID | INFRASTRUKTUR menjadi salah satu indikator ideal untuk melihat keberhasilan sosial dan ekonomi suatu negara. Kota-kota yang terhubung dengan baik diyakini menyebabkan warga sebuah negara lebih bahagia.

Inilah sebabnya mengapa jaringan jalan menjadi bagian vital dari masyarakat modern. Berikut 10 jaringan jalan terbesar di dunia. (Baca juga: 8 Jalur Perdagangan Kuno Peradaban Manusia)

  1. Jaringan Jalan Amerika Serikat (AS)

Total Panjang : 4.120.000 mil
Panjang Jalan Tol : 47.622 mil
Batas Kecepatan Maksimum : 80 mph
Jalan Terkenal : I-95

Jaringan jalan AS adalah jaringan jalan terbesar di dunia. Pembangunannya awalnya dimulai setelah masa tunggu 17 tahun ketika Presiden Eisenhower mengesahkan Undang-Undang Federal-Aid Highway pada 1956. (Baca juga: Rakyat Amerika Serikat Khawatirkan Kekuatan Berbahaya Raksasa Online)

Undang-undang ini memprakarsai pembangunan jalan-jalan antar negara bagian. Salah satu jaringan jalan terbesar di AS adalah Interstate yang dikelola oleh Departemen Transportasi masing-masing negara bagian. Setiap negara bagian bertanggung jawab atas pemeliharaan Interstate yang termasuk dalam perbatasannya.

  1. Jaringan Jalan India

Total Panjang : 3.841.725 mil
Panjang Jalan Tol : 751 mil
Batas Kecepatan Maksimum : 75 mph
Jalan Terkenal : Grand Trunk Road

India memiliki jaringan jalan luas yang telah lama terdiri dari campuran jalan beraspal dan jalan tidak beraspal. Proyek Pembangunan Jalan Raya Nasional telah digerakkan untuk memodernisasi dan meningkatkan infrastruktur negara.

Laju pembangunan jalan raya mencapai titik tertinggi sepanjang masa dari 2017-2018. Grand Trunk Road adalah salah satu jalan tertua dan terpanjang di Asia, dan berfungsi untuk menghubungkan anak benua India dengan Asia Tengah. (Lihat grafis: Mulai 3 Agustus, Ganjil Genap di Jakarta Kembali Dilakukan)

  1. Jaringan Jalan China

Total Panjang : 2.605.409 mil
Panjang Jalan Tol : 84.820 mil
Batas Kecepatan Maksimum : 68 mph
Jalan Terkenal : Nanjing Road

China menggunakan jaringan jalan besarnya untuk menyediakan ruang jalan yang cukup bagi populasinya super besar dan sibuk. Namun, terkadang hal-hal tidak berjalan mulus karena didera kemacetan parah di sejumlah jalan utama salah satunya kemacetan parah di ibu kota Beijing.

Nanjing Road adalah salah satu jalan terkenal di negeri tirai bambu yang dianggap sebagai salah satu jalan tersibuk di dunia. (Baca juga: One Belt One Road, Proyek Jalur Sutra Abad 21 China)

  1. Jaringan Jalan Brasil

Total Panjang : 1.088.560 mil
Panjang Jalan Tol : 6.835 mil
Batas Kecepatan Maksimum : 75 mph
Jalan Terkenal : Oceanic Avenue

Brasil memiliki jaringan jalan luas, tetapi seringkali kesulitan mempertahankan kualitas jalannya yang panjang tetap terpelihara dengan baik. Tingginya volume penggunaan jalan di Brasil membuat negara ini memiliki jumlah kecelakaan lalu lintas fatal tertinggi di dunia.

Brasil baru-baru ini mendapat pinjaman dari Inter-American Development Bank senilai USD600 juta yang akan digunakan untuk meningkatkan infrastruktur dan efisiensi energi lokal. (Lihat foto: Kapsul SpaceX Mendarat di Bumi dalam Pendaratan Lepas Pantai Pertama Setelah 45 Tahun)

  1. Jaringan Jalan Jepang

Total Panjang : 752.015 mil
Panjang Jalan Tol : 3.108 mil
Batas Kecepatan Maksimum : 75 mph
Jalan Terkenal : Kanjo Loop

Jepang dikenal karena sistem transportasi hemat energinya dengan banyak penduduknya menggunakan transportasi umum. Kemacetan lalu lintas adalah masalah besar di daerah perkotaan, menghasilkan kebutuhan akan jalan yang lebih berkembang.

Jepang menempatkan sebagian besar sumber dayanya untuk pekerjaan umum dan menghabiskan lebih banyak anggaran pemerintahnya setiap tahun untuk meningkatkan jaringan jalan. (Baca juga: Kota di Jepang Ini Larang Orang Gunakan Ponsel Sambil Berjalan)

  1. Jaringan Jalan Kanada

Total Panjang : 647.655 mil
Panjang Jalan Tol : 10.563 mil
Batas Kecepatan Maksimum : 81 mph
Jalan Terkenal : The Icefield Parkway

Bentang alam yang indah di banyak area Kanada membawa tantangan tersendiri dalam hal pemeliharaan jalan. Iklim yang intens dan aktivitas perdagangan juga membuat banyak kerusakan pada jalan-jalan Kanada yang menua, menyebabkan perlunya perbaikan yang secara ekonomi sangat membebani ekonomi negara.

Selama bulan Juli 2018, Perdana Menteri Justin Trudeau mengumumkan mengenai investasi besar pemerintahnnya untuk peningkatan Jalan Trans-Kanada di Nova Scotia. (Lihat video: Endan Suwandana, Cleaning Service di Madinah Terpilih Jadi Haji 2020)

  1. Jaringan Jalan Rusia

Total Panjang : 610.186 mil
Panjang Kalan Tol : 721 mil
Batas Kecepatan Maksimum : 81 mph
Jalan Terkenal : Jalan Lingkar

Luasnya wilayah Rusia membuat rata-rata banyak jaringan jalan khususnya di wilayah pedesaan belum beraspal. Salah satu penyebab utama dari kurangnya jalan beraspal adalah bahwa bekas Uni Soviet tidak mengalokasikan banyak sumber daya untuk transportasi pribadi. Diperkirakan 40% desa di Rusia tidak terhubung ke jalan beraspal. (Lihat grafis: Persaingan Misil Hipersonik Kian Intensif di Antara Kekuatan Dunia)

  1. Jaringan Jalan Prancis

Total Panjang : 591.048 mil
Panjang Jalan Tol : 7.383 mil
Batas Kecepatan Maksimum : 70 mph
Jalan Terkenal : Route Napoleon

Prancis telah lama membanggakan diri akan infrastruktur dan layanan publiknya yang berkualitas tinggi. Negeri Menara Eiffel ini juga dikatakan memiliki salah satu jaringan transportasi terpadat di dunia.

Meski demikian kualitas jalan di Prancis selama ini dinilai sebagai yang terbaik di Eropa. Namun hal itu secara perlahan berubah total saat ini di mana kualitas jaringan jalannya terus membaik. (Baca juga: Teras Menara Eiffel Dibuka Lagi untuk Pesta Usai Pandemi)

  1. Jaringan Jalan Australia

Total Panjang : 571.796 mil
Panjang Jalan Tol : 1.946 mil
Batas Kecepatan Maksimum : 81 mph
Jalan Terkenal : Great Ocean Road

Setelah adanya 190.000 insiden kematian di jalan raya sejak 1925, pemerintah Australia telah mengambil langkah-langkah untuk membuat jaringan jalan mereka lebih aman. (Baca juga: Lima Destinasi Wisata Australia yang Instagrammable)

Langkah-langkah ini mencakup penegakan peraturan keselamatan kendaraan yang lebih ketat dan peningkatan desain dan rencana infrastruktur. Banyak dari peningkatan ini terjadi di sekitar Kota Sydney Barat, sebagai langkah antisipasi pertumbuhan populasi yang signifikan.

  1. Jaringan Jalan Spanyol

Total Panjang : 423.338 mil
Panjang Jalan Tol : 10.304 mil
Batas Kecepatan Maksimum : 75 mph
Jalan Terkenal : Ruta de la Plata
Sistem kereta api Spanyol adalah bagian paling maju dari infrastrukturnya saat ini. Banyak pihak yang mengatakan bahwa jaringan jalan di negeri Matador ini banyak yang sudah berusia tua.

Terkait hal ini dalam beberapa tahun terakhir, Pemerintah Spanyol telah mengarahkan pembangunan infrastruktur jalan dengan kolaborasi kerjasama investasi publik dan swasta.

sumber : sindonews.com

Ray sekseeh
Author: Ray sekseeh

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0